DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Bali Clean Energy Forum 2016

12 Februari 2016 Berita

Bali Clean Energy Forum (BCEF) diselenggarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan International Energy Agency (IEA) di Bali Nusa Dua Convention Centre, Bali. Forum berlangsung pada 11-12 Februari 2016 bertemakan "Bridging the Gap and Promoting Global Partnership". BCEF dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutan pembukanya mengatakan, Pertemuan BCEF ini menjadi sangat penting bukan hanya untuk menguatkan pembangunan energi nasional, namun juga internasional. Indonesia diberi kehormatan untuk memulai dialog antar negara yang memiliki kepentingan serupa dalam pengembangan energi bersih. Selain itu, juga untuk membentuk kemitraan global guna menjembatani kesenjangan dan memastikan tercapainya target energi bersih yang berkelanjutan bagi setiap orang.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, "Pikiran-pikiran yang lahir dalam pertemuan ini akan dikonsolidasikan dalam sebuah dokumen yang akan kita beri nama Misi Bali untuk Pengembangan Energi Bersih. Misi Bali akan menjadi kerangka kerja perwujudan energi bersih nasional dan kontribusinya dalam konteks regional dan global dalam mewujudkan pembangunan dunia yang berkelanjutan"".

BCEF adalah pertemuan para pemimpin pemerintahan, pemimpin bisnis, ahli, masyarakat sipil, organisasi internasional, akademisi di bidang energi untuk membahas percepatan pembangunan energi bersih. Dengan tujuan untuk mendorong terwujudnya kemitraan global dalam menyelesaikan berbagai kesenjangan persoalan energi, mendorong terjadinya transformasi pengembangan energi berkelanjutan pada tingkat nasional, regional dan global.

Forum yang dihadiri oleh lebih dari 1200 orang partisipan perwakilan negara-negara di dunia, perwakilan dunia usaha, pakar di bidang energi, perwakilan masyarakat sipil dan komunitas muda, serta media massa nasional dan internasional, meluncurkan terobosan penting yaitu Clean Energy of Excellence (CoE) atau Pusat Keunggulan Energi Bersih Indonesia kepada masyarakat Internasional. CoE adalah pusat terpadu bagi penelitian, pengembangan hasil penelitian, pendidikan, peningkatan kapasitas pelaksanaan, hingga fasilitasi investasi dalam pengembangan energi bersih dengan tiga menu utama : informasi, teknologi dan pendanaan. (TR).

Bagikan berita ini

© 2016 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.