DEN Dukung Percepatan PLTN di Indonesia

Jakarta, 27/5/2023. Dewan Energi Nasional (DEN) menerima audiensi dari PT Thorcon Power Indonesia terkait kegiatan Kick-Off Meeting dan Konsinyering perihal Penyusunan PLTN Pertama di Indonesia. Dalam pertemuan ini hadir Anggota DEN Agus Puji Prasetyono, As Natio Lasman, Musri, Yusra Khan, Agus Pramono, dan Dina Nurul Fitria, Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Sujatmiko, Chief Executive Officer ThorCon Group Mark E. McGough, Chief Executive Officer PT Thorcon Power Indonesia David Davvaney, Chief Operating Officer PT Thorcon Power Indonesia Bob S. Efendi, dan Tim Teknis Sekretariat Jenderal DEN.

Agus Puji Prasetyono menyampaikan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) tipe Thorium Molten Salt Reactor 500MW (TMSR500) dapat dianggap sebagai salah satu solusi pembangkit listrik bebas karbon yang layak dipertimbangkan dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia.

Senada, As Natio Lasman menyatakan nuklir akan menjadi salah satu poin dalam perubahan Kebijakan Energi Nasional sehingga mengisi salah satu porsi pada bauran energi nasional tahun 2032 sebesar 250MW.

Yusra Khan menjelaskan nuklir memiliki emisi yang paling rendah dibandingkan dengan pembangkit lain, juga dari sisi keandalan sistem, nuklir ini sangat bisa diandalkan.

Agus Pramono mengungkapkan menurut survey penerimaan masyarakat terhadap rencana pembangunan PLTN ini sudah lebih dari 70 persen.

Djoko Siswanto menyampaikan seluruh regulasi yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan PLTN dari sisi bauran energi maupun perijinan keselamatan instalasi nuklir sudah memadai. Dalam RPP KEN, nuklir sudah masuk dan berkontribusi dalam bauran energi pada masa yg akan datang. Saat ini, sedang dilakukan harmonisasi RPP KEN di Kementerian Hukum dan HAM dan diharapkan akan selesai pada bulan Juni tahun 2024.

Chief Executive Officer ThorCon Group Mark E. McGough menyatakan Thorcon berencana membangun pabrik bahan bakar nuklir dalam tiga tahun ke depan di Indonesia. ThorCon Group juga telah mengidentifikasi beberapa tantangan dalam membangun TMSR500.

Chief Executive Officer PT Thorcon Power Indonesia David Davvaney menyatakan Thorcon Power Indonesia serius untuk melakukan investasi dalam membangun PLTT di Indonesia. (Teks: MM, Editor: DR, Infografis: OT)

Bagikan ini