DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Protes Demonstran Thailand Menentang Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

13 Mei 2011 Berita
Sekelompok demonstran anti-nuklir Thailand menggelar aksi protes minggu ini di depan kedutaan besar Vietnam di Bangkok dalam upayanya untuk menghentikan pembangunan delapan pembangkit listrik tenaga nuklir di Vietnam.
 
Para demonstran menyatakan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir di Ninh Thuan Vietnam yang terletak hanya sekitar 800 kilometer dari timur laut provinsi Ubon Ratchathani Thailand, dapat menciptakan dampak bencana ke penduduk provinsi Thailand tersebut.
 
Jaringan demonstran itu mengatakan meskipun para pejabat Vietnam mengklaim bahwa reaktor yang dibangun di Ninh Thuan dan beberapa lokasi lain adalah reaktor yang lebih modern dari generasi reaktor Chernobyl di Soviet dan Fukushima di Jepang, kecelakaan nuklir yang tak terduga seperti di Dai-ichi Fukushima Jepang dapat saja terjadi di Vietnam.
 
Mereka menuntut pemerintah Vietnam dan masyarakat luas segera mengakhiri pembangunan delapan pembangkit listrik tenaga nuklir di Vietnam.
 
"Karena Vietnam memiliki sumber daya energi terbarukan yang berlimpah, pilihan energy angin yang lebih ramah lingkungan, atau mungkin batubara, tentu akan lebih mendapatkan dukungan dunia," demikian kata jaringan demonstran tersebut.
 
(Sumber: globalenergymagazine.com) - SM
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.