DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Banyuwangi Youth Energy Forum

02 Maret 2021 Berita

Banyuwangi, 1/3/2021. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) dari Pemangku Kepentingan Satya Widya Yudha menjadi keynote speaker pada Banyuwangi Youth Energy Forum secara konferensi video.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Energi Mahasiswa Banyuwangi ini bertajuk Grand Desain Regulasi Renewable Energy untuk Keberlanjutan Pembangunan Nasional.

Satya menjelaskan tujuan pengelolaan energi nasional adalah terwujudnya pengelolaan energi yang berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan dalam rangka mewujudkan kemandirian energi nasional dan ketahanan energi nasional yang berlandaskan kedaulatan energi dan nilai ekonomi yang berkeadilan.

Adanya harga energi baru terbarukan yang relatif tinggi maka perlu upaya untuk menurunkan melalui insentif fiskal dan non fiskal, sehingga harga listrik energi baru terbarukan semakin kompetitif.

Tambah Satya, program strategis dalam rancangan Grand Strategi Energi Nasional antara lain mempercepat pemanfaatan pembangkit energi baru terbarukan, meningkatkan produksi minyak mentah (crude) 1 juta bopd, dan mengoptimalkan produksi BBN (biodiesel atau biohidrokarbon).

Pembangunan berkelanjutan menginterasikan secara sinergis keberlanjutan sosial, pertumbuhan ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan, hal ini disampaikan Guru Besar ITS dan Anggota DEN 2009-2014 Mukhtasor.

Sedangkan Direktur Perencaaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Hendra Iswahyudi menjelaskan fokus kepada penerapan energi baru terbarukan yang lebih cepat untuk dibangun dengan biaya pembangkitan yang kompetitif. (Teks: TR/Editor: SD).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.