DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Mulai Siapkan Bahan Pembaharuan Substansi KEN dan RUEN

12 Juli 2021 Berita

Jakarta, 12/7/2021. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Herman Darnel Ibrahim memimpin rapat penyiapan bahan pembaharuan substansi Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Biro Fasiltiasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak dan Wakil Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan – LPEM UI Khoirunurrofik membahas pembaharuan KEN dan RUEN terkait analisis proyeksi pertumbuhan ekonomi dan penduduk dalam jangka panjang (periode 2020 s.d. 2060).

Herman menjelaskan isu strategis yang melatarbelakangi pembaharuan terdapat gap target KEN-RUEN dengan realisasi (indikator ekonomi dan energi) perlunya reviu proyeksi konsumsi energi dengan perubahan asumsi pertumbuhan ekonomi dan demografi yang lebih realistis.

Khoirunurrofik menyampaikan untuk memperbaharui dan memperpanjang skenario perkiraan energi nasional di masa mendatang, DEN perlu melakukan update asumsi ekonomi makro khususnya pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang nantinya akan menjadi acuan dalam pemodelan skenario permintaan energi pada KEN dan RUEN.

Lebih lanjut, Yunus menjelaskan pertemuan ini akan ditindaklanjut pada pertemuan selanjutnya untuk mematangkan skenario yang akan dibahas dengan asumsi-asumsi pertumbuhan ekonomi tidak hanya nasional melainkan juga regional dan global karena akan berdampak pada rencana net zero emission ke depan.

Saat menutup, Herman yang akrab disapa HDI menyampaikan dalam pembahasan ini untuk memperhatikan tiga skenario dalam pembahasan pembaharuan substansi KEN dan RUEN ini, yaitu asumsi pesimis, moderat, dan optimis agar mendapatkan gambaran secara komperehensif substansi tersebut. (Teks: TR, Grafis: OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.