DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Anggota DEN Satya Widya Yudha Menjadi Narasumber Green Talk, Berita Satu Channel

14 Juli 2021 Berita

Jakarta, 13/7/2021. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha menjadi narasumber program Green Talk Berita Satu Channel dengan tema “Pajak Karbon, Perlukah?”

Program tersebut bertujuan untuk memberikan pandangan tentang isu pajak karbon dalam rangka mendukung upaya pembangunan rendah karbon atau low carbon development.

Satya yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini mengatakan, “Pembahasan ini good starting point, perlu terobosan lintas sektoral, dan DEN berperan di sini.”

Lebih lanjut, Satya mengungkapkan potensi nilai kekonomian karbon di Indonesia berada di tiga tempat seperti mangrove, lahan gambut, dan hutan hujan tropis.

Adapun, motif utama terkait pajak karbon ini adalah bagaimana mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan perlu mendapat banyak masukkan masyarakat, tutur Anggota DPR RI Andreas Eddy Susetyo.

Sementara, tantangan disampaikan oleh Senior Advisor Sustainability UNDP Verania Andrea, yaitu apakah ada over lapping pungutan yang lain, kesiapan infrastruktur pengganti seperti kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, dan waktu yang tepat kapan pajak karbon dikenakan.

Chair of Sustainable Mobility Working Group MASKEEI Ahmad Safrudin mengungkapkan cukai karbon untuk percepatan penerapan low cost electric vehicle sejalan dengan konservasi energi nasional dan peningkatan penerimaan negara tanpa membebani sektor esensial.

Satya pun optimis dalam pembahasan pajak karbon ini dan perlu mendapat dukungan berbagai pihak dan sektor dalam pencapaian besar pengurangan emisi karbon Nationally Determined Conribution (NDC) (Teks: TR, Grafis: OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.