DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Renewable Energy in Indonesia: Opportunities and Challenges to Meet Climate Goals

14 Juli 2021 Berita

Jakarta, 13/7/2021. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha menjadi narasumber dalam forum yang diadakan oleh the United States-Indonesia Society (USINDO) yang bertajuk Renewable Energy in Indonesia: Opportunities and Challenges to Meet Climate Goals.

Saat membuka kegiatan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang juga Presiden USINDO David Merrill menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antar kedua negara, Indonesia dan Amerika Serikat untuk mendukung pengendalian perubahan iklim.

Direktur Fletcher School’s Climate Policy Lab Kelly Sims Gallagher mengungkapkan bahwa banyak negara menggunakan alat kebijakan untuk mempromosikan energi terbarukan seperti fiskal, regulasi, market-based, inovasi, dan green industrial.

Satya mengutarakan upaya untuk mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) dengan peningkatan pembangkit energi baru terbarukan, efisiensi energi, penggunaan biofuel, penerapan cofiring biomassa, penggunaan electric vehicle, transisi ke green fuel & penggunaan teknologi bersih.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Dadan Kusdiana menjelaskan tantangan pengembangan energi terbarukan yaitu investasi seperti green climate funding dan insentif, tingkat komponen dalam negeri, dan kebijakan yang mendukung.

Sementara itu, beberapa komitmen dekarbonisasi di tubuh PLN seperti mencapai karbon netral pada tahun 2060 dan tidak ada pembangkit listrik baru yang menggunakan batubara setelah tahun 2022, ungkap Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Dalam draft Gran Strategi Energi Nasional terdapat solusi antara lain meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, percepatan penggunaan pembangkit listrik dari energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya dan optimalisasi produksi bahan bakar nabati (biodiesel atau biohidrokarbon), pungkas Satya. (Teks: TR, Grafis: OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.