DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Seminar Nasional Prodi Ilmu Lingkungan dan SDGs Center Universitas Sebelas Maret Surakarta

11 September 2021 Berita

Jakarta, 11/9/2021. Anggota DEN Yusra Khan menjadi narasumber pada Seminar Nasional Prodi Ilmu Lingkungan dan SDGs Center Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dengan tajuk Reputasi Perguruan Tinggi Berbasis SDG’s Center sebagai Akselerator Menuju World Class University secara daring.

Seminar yang dibuka Dekan Fakultas MIPA UNS Harjana ini juga dihadiri Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Vivi Yulaswati, dan Tenaga Ahli Menteri LHK Bidang Kebijakan Luar Negeri Arief Yuwono.

Dalam sambutan pembukanya, Harjana menyampaikan seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Dies Natalis Fakultas MIPA ke-25 dan sebagai penunjang kegiatan untuk program SDGs.

Dalam pemaparannya Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Lingkungan Hidup yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko, Yusra Khan menyampaikan kebijakan energi berbasis SDGs melalui pengembangan energi terbarukan.

Lebih lanjut, Yusra mengungkapkan transisi energi pada pembangkit listrik di antaranya dilakukan melalui program konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ke Pembangkit Listrik Tenaga Energi Baru Terbarukan oleh PLN dan program cofiring biomassa pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap.

Penguatan peran akademisi dalam mendukung energi berkelanjutan antara lain dengan berfokus pada transformasi yang rendah karbon melalui pathways menuju net zero emission atau strategi transisi energi dan berorientasi solusi melalui mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, tambah Yusra.

Harapan terhadap SDGs Center melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pelaksanaan SDGs yaitu menjadi center of excellence, pengarusutamaan SDGs dalam proses pendidikan/pengajaran, dan menjadi mitra pemerintah, serta pemangku kepentingan, ujar Vivi Yulaswati.

Senada, Arief Yuwono menyatakan harapannya agar SDGs Center ini bisa menjadi backbone policy development, kerja sama, dan kemitraan dalam masyarakat. (Teks: TR, Foto: OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.