DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Kunjungan Kerja DEN ke National Battery Research Institute, Tangerang Selatan

17 September 2021 Berita

Tangerang Selatan, Banten, 17/9/2021. Anggota DEN Agus Puji Prasetyono, Daryatmo Mardiyanto, Eri Purnomohadi, dan As Natio Lasman didampingi Sekjen DEN Djoko Siswanto, dan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak mengunjungi National Battery Research Institute (NBRI).

Founder NBRI Evvy Kartini yang menerima kunjungan mengucapkan terima kasih atas kehadiran DEN ke NBRI dan berharap bahwa NBRI dapat menjadi center of excellence pengembangan baterai di tanah air.

Anggota DEN As Natio Lasman menjelaskan salah satu strategi utama dalam kebijakan pengembangan industri baterai melalui insentif fiskal baik itu dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan ekosistem baterai kendaraan bermotor.

Selain itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga memiliki peran dalam mendukung pengembangan industri baterai secara end to end di Indonesia dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya lokal, dan hal ini sebagai bentuk upaya mitigasi pemanasan global, tambah As Natio.

Senada, Anggota DEN Daryatmo Mardiyanto mengungkapkan riset sangat penting dalam kerangka penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, maka perlu dikerjakan dengan baik dan perlu didukung oleh berbagai pihak.

Kepala Pusat Riset Teknologi Bahan Maju Nuklir BRIN Ferly Hermana yang ikut hadir menjelaskan hasil penelitian dan pengembangan mengenai baterai ini sangat strategis mengingat baterai memegang peranan penting bagi masa depan oleh karena itu membutuhkan dukungan para stakeholder.

Anggota DEN Agus Puji mendukung adanya NBRI yang mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan keahlian (skill) dan sertifikasi dalam rangka pengembangan industri baterai.

Dalam kesempatan tersebut anggota DEN fasilitas metalurgi dan battery testing facilities, di fasilitas Metalurgi rombongan ditunjukan proses pembuatan katoda baterai NMC serta meninjau proses charge-discharge fasilitas battery testing serta sebagai akhir dari rangkaian hulu ke hilir, melihat bagaimana implementasi baterai untuk produk yang dapat dinikmati masyarakat. (Teks: TR, Foto/Grafis: MB, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.