DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Air Quality Asia : India Strategy Session 2021

18 September 2021 Berita

Anggota DEN Satya Widya Yudha menjadi moderator Panel on Transition to a Green Economy of India Strategy Session 2021 yang diselenggarakan oleh Air Quality Asia (AQA) secara virtual dengan 3 narasumber Jostein Nygard Senior Environment Specialist The World Bank Group, Vibhuti Garg Energy Economist Institut of Energy Economics & Financial Analysis (IEEFA), dan Monish Mahurkar Vice President IFC Advisor Green Climate Fund (GCF). (Mumbai, 17/09/21).

Acara dibuka oleh Shazia Z. Rafi selaku President AQA yg berkedudukan di New York, dengan menyampaikan UN Sustainable Development Goals (UN SDGs) terkait Udara Bersih, diharapkan adanya perhatian khusus pada kualitas udara dan pengelolaan sampah kota sebagai upaya untuk mengurangi jumlah kematian dan penyakit akibat polusi serta kontaminasi udara, air dan tanah. Webinar ini juga menampilkan Hon. Dr. Jairam Ramesh, MP, saat ini sebagai Ketua Komisi Lingkungan Hidup di Parlemen India yang juga pernah menjabat Menteri Lingkungan Hidup.

Webinar ini bertujuan sebagai wadah diskusi terkait: 1) Transisi menuju ekonomi hijau, 2) Transisi menuju Energi Terbarukan, 3) Membangun ekosistem transportasi tanpa emisi di India.

Pada pembukaan Panel, Satya yang juga Senior Advisor AQA menyampaikan gambaran kondisi Indonesia yang mendukung Paris Agreement terkait perubahan iklim. Saat ini Indonesia sedang menggalakan transisi energi untuk mengurangi emisi dengan target sebesar 29% pada tahun 2030. Dalam upaya untuk mendorong pengurangan emisi tidak hanya memperhatikan kebijakan Land Use Land Use Change Forestry (LULUCF), namun juga kebijakan di sektor energi.

Diakhir panel Satya menegaskan bahwa Dewan Energi Nasional Indonesia tengah mengkaji perkiraan Indonesia mengalami emisi puncak agar dapat memperkirakan dengan tepat target Net Zero Emission (NZE) di Indonesia pada kisaran tahun 2050 - 2060 dapat tercapai. (Teks: MM, RAD, Grafis: OT, Editor: KDW)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.