DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Konsultasi Penyusunan Ranperda RUED Provinsi Sulawesi Selatan

01 Oktober 2021 Berita

Jakarta, 30/9/2021, DEN menerima kunjungan DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, kunjungan ini bertujuan untuk berkonsultasi dalam rangka percepatan penetapan RUED Provinsi Sulsel. Kegiatan ini diselenggarakan secara fisik dan virtual.

Dalam sambutannya Anggota DEN, Musri mengucapkan selamat datang kepada rombongan DPRD Prov. Sulsel dan berterima kasih untuk selalu bersemangat dan berkomitmen untuk menyelesaikan RUED Prov. Sulsel walaupun kita masih dalam situasi pandemi saat ini. Musri juga berharap agar pertemuan hari ini menjadi pelengkap untuk menyelesaikan Ranperda RUED Prov. Sulsel. Disamping itu, Musri juga mengatakan bahwa sampai dengan saat ini sudah terdapat 21 Provinsi yang telah menyelesaikan RUED, dan mengharapkan Sulses menjadi provinsi ke 22 yang akan menyelesaikan Perda RUED. Musri juga mengingatkan agar Perda RUED Provinsi yang disusun diharapkan menyesuaikan karakteristik geografi dan potensi energi didaerahnya masing-masing, contohnya dengan memanfaatkan potensi arus laut di wilayah Sulawesi.

Ketua Pansus DPRD Prov. Sulawesi Selatan, Mulyadi Mustamu mengatakan bahwa Ranperda RUED Prov. Sulsel ini sudah berada ditahap akhir. Sebelumnya, Pemerintah Daerah Prov. Sulsel telah memperbaiki dokumen Ranperda RUED setelah mendapatkan masukan dari DPRD Prov. Sulsel dan telah dibahas didalam Pansus RUED, oleh sebab Mulyadi berharap pada pertemuan hari ini dapat mendengar masukan dari DEN sehingga nantinya dapat segera ditindaklanjuti dan dapat menyelesaikan Ranperda RUED Prov. Sulsel secepatnya. “Pemanfaatan EBT di Prov. Sulsel saat ini sebesar 24% pada tahun 2021, ini merupakan komitmen Sulsel terhadap energi bersih kedepannya”, tutup Mulyadi.

Anggota DEN, Daryatmo Mardiyanto, mengatakan Ranperda RUED Prov. Sulses diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2021. Disamping itu, berdasarkan amanat UU 30 tentang Energi agar penyusunan RUED memperhatikan RUEN merupakan bentuk koordinasi antar Pemerintah Pusat dan Daerah, oleh sebab diharapkan dapat sinkron dengan rencana nasional. Selain itu, Daryatmo juga mengatakan bahwa pentingnya Perda RUED sebagai dokumen perencanaan untuk memajukan daerah terutama dalam sektor kemandirian dan ketahanan energi daerah.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Yunus Saelfulhak mengatakan bahwa trend dunia dan nasional saat ini adalah pengembangan energi bersih, ramah lingkungan dan pembangunan rendah karbon. Disamping itu, komitmen nasional terhadap Paris Agreement mengenai perubahan iklim, serta target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 merupakan langkah untuk kita dapat mendorong percepatan pemanfaatan EBT kedepannya. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan konsultasi oleh seluruh peserta.

Kepala Biro Perencanaan, KESDM, Agus Cahyono Adi yang akrab disapa Aca mengatakan akan mempercepat beberapa program strategis Perpres RUEN. Aca juga mengatakan dengan mengembangkan energi daerah atau lokal akan meningkatkan ekonomi daerah tersebut, selain itu energi tersebut dapat dijangkau oleh masyarakat setempat.
Anggota DEN, Musri menutup kegiatan ini dengan berharap agar Perda RUED Sulsel dapat segera diselesaikan dan segera dapat di implementasikan oleh daerah, sehingga dapat menyelesaikan persoalan keenergian dan dapat mendorong ketahanan dan kemandirian Sulsel.

Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak serta dihadiri oleh Anggota DEN Musri, Daryatmo Mardiyanto, Ketua Pansus DPRD Prov. Sulsel Mulyadi Mustamu, Wakil Ketua Pansus DPRD Prov. Sulsel Nurhidayati Z., Para Anggota Pansus DPRD Prov. Sulsel, Staf Ahli DPRD Prov. Sulsel Bahrianto dan Andi Syamsul, Pendamping Pansus, perwakilan Biro Perencanaan, KESDM dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri. (Teks: AM, Grafis: MB)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.