DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Gelar Koordinasi Percepatan Pembangunan PLTA Kayan

13 Oktober 2021 Berita

Bogor, 13/10/2021. DEN menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan PLTA Kayan, Kalimantan Utara yang dipimpin oleh Anggota DEN Eri Purnomohadi. Dalam pembukaannya Eri Purnomohadi menyampaikan bahwa tujuan rapat pada hari ini adalah untuk mengetahui perkembangan dan permasalahan pengembangan PLTA Kayan Provinsi Kalimantan Utara.

Eri Purnomohadi mengatakan bahwa sesuai Pasal 12 ayat (2) Undang Undang Nomor 30 tahun 2007 tentang Energi, bahwa DEN bertugas mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral. Selain itu, mendorong percepatan pencapaian sasaran PP No. 79 Tahun 2014 tentang KEN yang salah satunya adalah pencapaian sasaran bauran energi primer khususnya EBT, pada tahun 2025 peran EBT paling sedikit 23%, dan pada tahun 2050 paling sedikit 31%.

Energi air merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang perlu untuk dikembangkan, selain potensinya yang cukup besar yaitu mencapai 75 GW (RUEN, 2017) juga dapat memenuhi karakteristik pembangkit base load. Oleh karena itu, percepatan pembangunan PLTA dapat mendorong pencapaian target EBT dalam bauran energi primer nasional. Salah satu potensi energi air yang cukup besar diperkirakan sekitar 9.000 MW yang terdapat di Sungai Kayan, Provinsi Kalimantan Utara.

Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang menyampaikan bahwa potensi energi air di Kalimantan Utara sangat besar, oleh sebab itu perlu dikembangankan dan dimanfaatkan untuk mendorong roda perekonomian masyarakat dan untuk mendorong bauran energi nasional, Zainal Arifin juga mengatakan bahwa saat ini proses pembangunan PLTA Kayan sedang didorong penyelesaiannya dan berharap mendapatkan dukungan dari stakeholder dalam upaya percepatan pembangunan PLTA ini.

Dalam penutupannya Eri Purnomohadi berharap agar permasalahan dalam pembangunan PLTA Kayan dapat diselesaikan dengan cepat, tentunya untuk mendorong target EBT dan komitmen Indonesia terhadap penggunaan energi bersih dan rendah karbon. Eri juga berharap untuk mengadakan rapat lanjutkan untuk mengundang beberapa pihak terkait dalam proses penyelesaian pembangunan PLTA Kayan.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara, Anggota DEN, Herman Darnel Ibrahim, Satya Widya Yudha, Yusra Khan, Agus Puji P., As Natio, Musri, Daryatmo, Prof. Winarni Monoarfa KLHK, Ditjen EBTKE, BKPM, dan Bappeda Kalimantan Utara. (Teks: AM & TR, Grafis: OT)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.