DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Expert Working Group tentang Akses Layanan Energi Modern, EBT, Efisiensi Energi, & Energi Bersih

28 Oktober 2021 Berita

Jakarta, 28/10/2021. Sekjen DEN Djoko Siswanto mewakili Indonesia sebagai pembicara dalam Expert Working Group on Universal Access to Modern Energy Services, Renewable Energy, Energy Efficiency & Cleaner Use of Fossil Fuels untuk Development National SDG 7 Roadmap to Achieve the 2030 Agenda for Sustainable and the Paris Agreement.

Acara yang diselenggarakan oleh United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP) ini dibuka oleh Under-Secretary-General of the United Nations and the Executive Secretary, UN-ESCAP Armida Salsiah Alisjahbana dan diikuti oleh negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Pada kesempatan itu, Armida menyampaikan UN-ESCAP telah mengembangkan tools SDG7 secara Nasional untuk Perencanaan Energi (NEXSTEP) yang memungkinkan pembuat kebijakan membuat keputusan kebijakan yang tepat untuk mendukung pencapaian target SDG7 serta target pengurangan emisi (NDC).

NEXSTEP sekarang digunakan untuk mendukung negara-negara di kawasan Asia Pasifik dalam mengembangkan roadmap SDG7 nasionalnya. Di beberapa negara, roadmap SDG7 telah berkontribusi pada pengembangan kebijakan dan strategi nasional, dan yang lain sedang menjajaki untuk memasukkan rekomedasi roamap ke dalam rencana dan kebijakan energi, tambah Armida.

Hal senada disampaikan Djoko Siswanto, ia menyampaikan dengan adanya NEXSTEP memungkinkan pembuat kebijakan untuk membuat keputusan kebijakan yang tepat untuk mendukung pencapaian target SDG7 dan target pengurangan emisi.

Djoko menambahkan, Roadmap SDG7 disusun sesuai dengan komitmen Indonesia yang disampaikan Presiden pada United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC)-Conference of The Parties 21 (COP21) Paris tahun 2015. Untuk mengurangi impor energi, meningkatkan ketahanan energi dan mendukung pencapaian SDG7, DEN menyusun Gran Strategi Energi Nasional.

Beberapa program tersebut antara lain mempercepat pemanfaatan pembangkit EBT, meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, mengoptimalkan produksi BBN (biodiesel atau biohidrokarbon), dan mendorong pemanfaatan kompor listrik, ujar Djoko.

Hasil roadmap SDG7 untuk Indonesia yang dikembangkan dengan menggunakan NEXSTEP akan menjadi salah satu masukan untuk revisi Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang akan diperbaharui pada beberapa tahun ke depan, pungkas Djoko. (Teks: NK, TR. Grafis: OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.