DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Grand Opening Webinar of Renewable Energy Summit 2021

30 Oktober 2021 Berita

Jakarta, 30/10/2021. Anggota DEN Satya Widya Yudha menjadi narasumber dalam Grand Opening Webinar of Renewable Energy Summit 2021 yang bertajuk Zero Emission Carbon Strategy Through Renewable Energy Utilization: Can We Youth Generation Make It Happen?

Acara yang diselenggarakan Society of Renewable Energy (SRE) UPN Veteran Yogyakarta ini dibuka oleh Rektor UPN Veteran Yogyakarta Mohamad Irhas Effendi dengan menyampaikan generasi muda memiliki peran penting sebagai change maker dan agent of change dalam pengembangan energi ke depan.

Pada kesempatan ini, Satya yang menempuh pendidikan di Cranfield University UK ini menyampaikan penurunan emisi pada tahun 2020 ditargetkan sebesar 58 juta ton CO2 equivalen dengan capaian realisiasi sebesar 64,4 juta ton CO2 equivalen.

Hal tersebut merupakan aksi mitigasi dengan mendapatkan kontribusi dari perkembangan energi baru terbarukan (EBT), efisiensi energi, bahan bakar rendah karbon, penggunaan tenologi pembangkit bersih, dan kegiatan lain, tambah Satya.

Satya mengungkapkan strategi yang perlu dilalui Indonesia, yaitu transformasi energi pada fase dekarbonisasi dengan mengurangi emisi karbon dan ke depan melalui sistem energi berbasis listrik dengan fase desentralisasi serta fase digitalisasi.

Proses transisi energi dengan EBT dilakukan secara bertahap dan perlunya energi fosil yang bisa disubtitusi dengan energi bersih, salah satunya dengan penggunaan gas, pungkas Satya yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI ini.

Sementara, Senior Business Developer Renewable at TotalEnergies I Made Aditya menjelaskan ke depan pengembangan energi surya dan bayu berpotensi untuk ditingkatkan sebagai sumber EBT di Indonesia.

Presiden SRE UPN Veteran Yogyakarta Gilang Muhammad Farrel berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih pada kemajuan EBT di Indonesia. (Teks: TR, Grafis; OT, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.