DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Perkuat Nasionalisme Generasi Muda untuk Ketahanan Energi Nasional

19 November 2021 Berita

Jakarta, 18/11/2021. Anggota DEN Daryatmo Mardiyanto menjadi narasumber dalam Pelatihan Bela Negara untuk Ketahanan, Kemandirian, dan Kedaulatan Energi Nasional yang diselenggarakan Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan.

Tujuan pelatihan Bela Negara ini untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, meningkatkan kapasitas dan kemampuan, serta mengajak generasi muda dan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

Dalam paparannya, Daryatmo menyampaikan aspek 4 A dalam ketahanan energi nasional, yaitu Availability, yaitu ketersediaan sumber energi dan energi baik dari domestik maupun luar negeri, dan Affordability, keterjangkauan biaya investasi energi, mulai dari biaya eksplorasi, produksi, dan distribusi, hingga keterjangkauan konsumen terhadap harga energi.

Lebih lanjut, Daryatmo menjelaskan bahwa Accesibility, merupakan kemampuan untuk mengakses sumber energi, infrastruktur jaringan energi, termasuk tantangan geografik dan geopolitik, serta Acceptability dengan penggunaan energi yang peduli lingkungan termasuk penerimaan masyarakat.

Transisi energi memberikan peluang besar untuk berkarya bagi generasi milenial untuk mengambil peranan dalam keberhasilan pembangunan ekonomi rendah karbon yang berkelanjutan, ujar Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Konsumen ini.

Wujud nyata nasionalisme milenial dalam ketahanan energi nasional dapat melakukan inovasi yang seperti pembuatan biomassa dari limbah dan pemanfaatan tanaman untuk menjadi bahan bakar, pungkasnya. (Teks: TR, Grafis: MB, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.