DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN dan Gubernur Jawa Tengah Bersama Mengusung Pengembangan EBT

26 November 2021 Berita

Semarang, 26/11/2021. Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo menerima kunjungan Anggota DEN. Kunjungan ini bertujuan untuk bertukar informasi mengenai antisipasi dan mitigasi kondisi krisis dan/atau darurat energi sekaligus melakukan pengawasan pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo mengatakan bahwa saat ini isu yang berkembang di media baik dalam ataupun luar negeri adalah isu lingkungan. Kedepannya kita perlu mendorong energi baru dan terbarukan dengan tetap memperhatikan aspek sosial dan ekonomi. Ganjar juga berharap DEN dapat membantu serta mendukung Provinsi Jawa Tengah dalam hal melakukan perencanaan energi yang baik di daerahnya. Ganjar juga mengingatkan bahwa DEN perlu secara masif melakukan literasi informasi dan sosialisasi mengenai manfaat EBT,isu lingkungan,transisi energi dengan target anak-anak muda. “Provinsi Jawa Tengah siap menjadi provinsi pilot-project terkait pengembangan EBT kedepannya” tutup Ganjar.

Anggota DEN, Satya Widya Yudha mengatakan bahwa DEN merupakan lembaga mandiri yang diketuai Presiden, disamping itu DEN melakukan agenda pertemuan rutin atau yang disebut Sidang Anggota dan Sidang Paripurna. Sidang Paripurna merupakan forum tertinggi DEN untuk membahas permasalahan dan menentukan solusi mengenai isu energi yang dipimpin oleh Presiden. Dalam menjalankan tugasnya DEN dibantu oleh Sekretariat Jenderal dalam hal pemberian dukungan teknis dan administratif.

Satya juga menjelaskan mengenai mekanis antisipasi dan mitigasi kondisi krisis dan/atau darurat energi yang diatur dalam Perpres Nomor 41 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan dan Penanggulangan Krisis Energi dan/atau Darurat Energi. Dalam regulasi tersebut mengatur mekanisme, tindakan penanggulangan serta wewenang Pemerintah Pusat/ Daerah dalam hal penetapan dan penanggulangan krisis energi dan/atau darurat energi.

Satya yang merupakan lulusan Cranfield University UK ini menambahkan dalam hal upaya peningkatan EBT Provinsi Jawa Tengah dapat dilakukan dengan strategi, antara lain: melalui co-firing biomassa, melalui pengembangan PLTS Terapung, membangun ekosistem kendaraan listrik. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi Bersama dengan seluruh peserta rapat. Hadir dalam kunjungan tersebut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Anggota DEN: Satya Widya Yudha, Agus Puji, Eri Purnomohadi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si, Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, Mustika Pertiwi (Teks: AM, Grafis: MB, Editor: KDW).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.