DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Mendukung Presidensi Indonesia pada Forum G20

29 Desember 2021 Berita

Jakarta, 29/12/2021. Anggota DEN Yusra Khan memimpin pertemuan dalam rangka membahas dukungan DEN dalam Presidensi Indonesia pada Forum G20 yang dihadiri oleh Anggota DEN Musri, Satya Widya Yudha, Daryatmo Mardiyanto, As Natio Lasman, Sekjen DEN Djoko Siswanto, Staf Ahli Bidang Perencanaan Strategis KESDM Yudo Dwinanda Priaadi, Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Energi KLHK Winarni Monoarfa, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak, Direktur Mitigasi Perubahan Iklim KLHK Emma Rachmawati, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK Dasrul Chaniago, dan Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Kementerian PPN/Bappenas Yahya Hidayat.

Dalam sambutan pembukanya Yusra Khan menyampaikan pertemuan membahas apa yang diperlukan bersama untuk memperkuat di masing-masing lini sesuai tugas pokok dan fungsi, khususnya dalam penyelenggaraan G20 dengan tema Recover Together, Recover Stronger.

Pria yang pernah menjabat Duta Besar Indonesia di Meksiko ini menambahkan, dua isu utama yang terkait tema dan menjadi pembahasan dalam dukungan DEN dalam Presidensi Indonesia pada Forum G20, yaitu transisi energi dan environment and climate change sustaiability sebagai kontribusi DEN dalam penguatan delegasi Indonesia dalam forum tersebut.

Sementara itu, Yudo Dwinanda Priaadi menjelaskan transisi energi menjadi salah satu pilar utama G20 di samping kesehatan global, dan transformasi ekonomi digital yang menjadi satu kesatuan, leading by example, serta berorientasi pada aksi.

Emma Rachmawati mengungkapkan isu prioritas yaitu mendukung pemulihan yang lebih berkelanjutan, meningkatkan tindakan berbasis darat dan laut untuk mendukung perlindungan lingkungan, dan climate objectives, serta meningkatkan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan, dan climate objectives.

Lebih lanjut, Dasrul Chaniago menyampaikan pada isu prioritas meningkatkan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan dan climate objectives sebagai pedoman pembiayaan pembiayaan inovatif untuk memulihkan ekosistem yang unik dan ekosistem laut, mencakup fokus yang dikeluarkan dari finance sustainability roadmap G20 untuk mendukung funding of nature.

Anggota DEN yang saat ini menjabat Korbul APK Satya Widya Yudha menjelaskan DEN ingin memberikan kontribusi dalam Forum G20 secara proper yang lintas sektoral dan saling melengkapi antar instansi sehingga hal ini menjadi kekuatan bersama.

Selain itu, Satya menambahkan mengenai pembahasan transisi energi, hal ini sudah disiapkan melalui diskusi oleh Anggota DEN baik Unsur Pemangku Kepentingan maupun Unsur Pemerintah sebagai bahan Sidang Paripurna DEN. Maka dari itu, DEN dapat memberikan kontribusi pada pembahasan transisi energi pada Forum G20.

Sedangkan Anggota DEN Daryatmo Mardiyanto menyampaikan perhatian DEN pada tiga hal dalam Forum G20 yaitu terkait energi, perubahan iklim, dan ekonomi serta dirinya mendorong G20 dapat memberikan rencana aksi mengenai isu yang diangkat agar dapat dilakukan bersama.

Adapun poin penting pada pertemuan ini antara lain dalam mendukung Presidensi Indonesia pada G20 diperlukan pertemuan dengan Organisasi Internasional, DEN sudah menyiapkan bahan transisi energi untuk disampaikan kepada Presiden pada Sidang paripurna DEN.

Selain itu, Kementerian/Lembaga terkait yang memimpin sektor dalam pertemuan-pertemuan G20 perlu melibatkan DEN dalam rangka memperkuat kepentingan Indonesia dan Green economy untuk menjadi bahasan pada program-program G20. (Teks: TR, Foto: OT, & Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.