DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Dukung Penuh Kebijakan Pemerintah untuk Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri

03 Januari 2022 Berita

Jakarta, 3/1/2022. DEN mendukung penuh kebijakan Pemerintah untuk kebutuhan batubara dalam negeri yang dituangkan dalam dalam Keputusan Menteri ESDM No 139.K/HK.02/MEM.B/2021 tentang Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri.

Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan (APK) yang saat ini menjadi Koordinator Bulanan (APK) Satya Widya Yudha menyampaikan DEN mendukung penuh kebijakan tersebut karena mengutamakan kepentingan dalam negeri untuk pemenuhan penyediaan bahan bakar pembangkit listrik dan bahan bakar/heat industri dalam negeri.

Adapun data rekonsiliasi DBP tahun 2021 menyebutkan Domestic Market Obligation (DMO) batubara tahun 2021 dari prognosa realisasi DMO tahun 2021 sekitar 173 juta ton dan proyeksi DMO batubara rencana kebutuhan domestik pada tahun 2022 sekitar 197 juta ton.

Lebih lanjut, Satya yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini mengungkapkan bahwa kebijakan pelarangan ekspor batubara hanya bersifat sementara dan setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri, ekspor akan dibuka kembali.

Kebijakan ini perlu didukung untuk mendorong terwujudnya ketahanan energi nasional dan sejalan dengan Perpres No 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional yang menyebutkan bahwa proyeksi produksi batubara pada tahun 2030 sebanyak 400 juta ton, dengan rincian kebutuhan domestik 252,7 juta ton, dan ekspor 147,3 jtua ton, pungkas Satya yang merupakan lulusan Cranfield University UK.

Hal senada disampaikan, Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Eri Purnomohadi, menurutnya negara perlu memastikan terpenuhinya akses kelistrikan bagi masyarakat, melalui kebijakan yang dapat memenuhi kebutuhan rakyat tersebut.

Karena jika tidak dipenuhi pasokan batubara ke PLN ke beberapa PLTU di wilayah Jawa, Madura, dan Bali akan memberikan dampak pada akses listrik ke jutaan pelanggan, maka kita perlu mendukung kebijakan ini, tambah Eri yang sebelumnya menjabat sebagai Komite BPH Migas ini.

Diketahui sebelumnya, Menteri ESDM mengeluarkan Keputusan Menteri ESDM No 139.K/HK.02/MEM.B/2021 sebagai upaya memastikan kebutuhan pasokan batubara untuk listrik, berupa pelarangan sementara ekspor batubara selama 1-31 Januari 2022 dan setelah terpenuhinya pasokan batubara dapat diatasi ekspor akan dibuka kembali. (Teks: TR, Grafis: OT, & Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.