DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Rencana Penghapusan BBM Jenis Premium & Pertalite

03 Januari 2022 Berita

Jakarta, 3/1/2022. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) menjadi narasumber dalam Energy Corner yang ditayangkan oleh CNBC TV.

Dalam kesempatan itu, Djoko menyampaikan sesuai dengan RUEN, Pemerintah mempunyai target untuk tidak impor BBM jenis bensin di tahun 2025. Dikarenakan adanya pandemi covid-19, pembangunan kilang menjadi terhambat sehingga kemungkinan tahun 2027 Pemerintah tidak impor bensin lagi atau paling lambat tahun 2030.

DEN mempunyai program dalam RUEN, KEN dan GSEN yakni untuk mengurangi impor bensin yaitu dengan kendaraan listrik yang sudah dituangkan dalam Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang percepatan kendaraaan listrik, juga menggalakkan bahan bakar gas, disamping itu juga mempercepat pembangunan kilang, saat ini juga sedang dibangun pabrik biofuel dan juga sudah dilakukan uji coba A20 untuk menggantikan bensin, substitusi import BBM.

Selain itu, juga sedang dibangun pabrik katalis merah putih, kerjasama antara Pertamina dengan PT Pupuk dan ITB sebagai katalisator untuk memproduksi seratus persen greenfuel berbahan baku dari minyak sawit, tambah Djoko.

Saat ini sedang disusun roadmap untuk menjual BBM yang lebih bersih, antara lain menggantikan premium dengan pertalite, kemudian membangun kilang dengan kualitas yang lebih baik dan secara bertahap juga sedang dilaksanakan pengurangan untuk BBM jenis Premium Jawa-Bali secara signifikan dan juga Pemerintah sedang membangun BBM satu harga di daerah 3T.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi menyampaiakan bahwa BBM adalah energi fosil dan pemerintah concern dengan upaya pengurangan pemanasan iklim global, maka tidak ada subsidi untuk energi fosil. (Teks: RAD, Grafis: CTA, Editor: DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.