DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN dalam Workshop Presidensi G20 Indonesia dengan Arab Saudi

19 April 2022 Berita

Jakarta, 18/4/2022. Workshop Presidensi G20 Indonesia dengan Arab Saudi yang dihadiri oleh Perwakilan Negara Arab Saudi diantaranya Fareed ALASALY, Hussah Alhamdan, Faisal Swied dan perwakilan Indonesia diantaranya Satya Widya Yudha, Yudo D Priadi, Yusra Khan, Daryatmo, Djoko Siswanto serta unit terkait KESDM

Dalam kesempatannya Arab Saudi menjelaskan manajemen emisi menjadi prioritas utama dunia. Seluruh strategi percepatan transisi energi harus dilakukan secara inklusif, meliputi: pemupukan laut, alkalinisasi laut, aforestasi dan restorasi hutan, CO2 capture and storage, pemanfaatan bioenergi, serta sekuestrasi karbon dan biochar dalam upaya transisi energi.

Saudi Arabia mengembangkan konsep 4Rs Circularity meliputi: Reduce, Reuse, Recycle, dan Remove. Remove sendiri bermaksud mengeluarkan emisi dari sistem, salah satu diantaranya melalui teknologi CCS-CCUS. Circularity dapat mengatasi eksternalitas negatif (sustainability dan nilai ekonomi) dan membuka peluang baru dalam ekonomi global.    

Satya mewakili Indonesia menjelaskan tentang Stategi Pengurangan Emisi Karbon Pada Industri Migas di Indonesia. Tantangan Indonesia dalam upaya mengatasi perubahan iklim meliputi instrumen finansial dan teknologi hijau, kebijakan yang mendukung program iklim, serta keselarasan antara kebijakan energi, keuangan, dan lingkungan. Juga dalam upaya menuju NZE, Indonesia tidak akan menghapuskan energi fosil, melainkan melalui penggunaan teknologi bersih dan mengembangkan energi terbarukan.

Potensi kerjasama CCS/CCUS yang dapat dilakukan meliputi: pemetaan depleted field & saline aquifer yang berpotensi untuk CCS/CCUS, pengembangan Hub & Clustering CCS/CCUS, pengembangan pemanfaatan karbon untuk methanol, dan pengembangan Blue Hydrogen & Blue Ammonia+CCS. Indonesia memiliki potensi penyimpanan CO2 mencapai 41 juta TonCO2, meliputi area proyek: Gundih, Sukowati, Tangguh, Sakakemang, Abadi, Arum, Ramba, dsb yang dijelaskan perwakilan DJ Migas.

Kesimpulan dari workshop  ini  adalah akan diselenggarakannya Workshop dengan tema Removal Technology dan CCS-CCUS sebagai bentuk kerjasama bilateral Indonesia – Saudi Arabia di dalam rangkaian kegiatan G-20 tahun 2022. Workshop juga akan mengundang seluruh negara yang sedang berpartisipasi dalam penurunan emisi sehingga diharapkan dapat saling bertukar pandangan dan pengalaman.(Teks: DE Grafis: OT Editor:YS)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.