DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Dorong Perguruan Tinggi Dukung NZE

20 April 2022 Berita

Gowa, 12/4/2022. Anggota DEN Musri Mawaleda menjadi pembicara pada Kuliah Umum dengan tema Kebijakan Energi Nasional dan Transisi Energi Menuju Net Zero Emission Tahun 2060 yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin bertempat di Aula Departemen Teknik Geologi Universitas Hasanuddin, Gowa, Sulawesi Selatan.

Musri menyampaikan tugas pokok dan fungsi DEN dalam transisi energi menuju Net Zero Emission adalah mendorong target bauran energi nasional sesuai Kebijakan Energi Nasional, mengidentifikasi sumber daya energi yang ada, mendorong untuk konversi energi fosil ke Energi Baru Terbarukan, mendorong terbitnya RPerpres Pengawasan Energi Lintas Sektor pada tahun 2022, dan mendorong aksesibilitas energi termasuk rasio elektrifikasi.

“Tujuan dan arah Kebijakan Energi Nasional adalah terwujudnya pengelolaan energi yang berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan dalam rangka kemandirian dan ketahanan energi nasional yang berlandaskan kedaulatan energi dan nilai ekonomi yang berkeadilan”, tambah Musri.

Lebih lanjut, Musri menjelaskan tentang kemandirian dan ketahanan energi nasional adalah suatu kondisi terjaminnya ketersediaan energi, yaitu akses masyarakat terhadap energi pada harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan hidup.

“Target Kebijakan Energi Nasional dan Rencana Umum Energi Nasional adalah 22 persen untuk gas, 23 persen untuk Energi Baru Terbarukan, 25 persen untuk minyak,, dan 30 persen untuk batubara pada tahun 2025. Sedangkan pada tahun 2050 targetnya adalah minyak 20 persen, gas 24 persen, batubara 25 persen, dan Energi Baru Terbarukan 31 persen”, jelasnya.

Indonesia telah berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim dunia. Presiden RI Joko Widodo pada konferensi COP 26 telah menegaskan komitmen sektor energi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 314 – 446 juta ton CO2 pada tahun 2030.

Selain itu, Presiden juga mengamanahkan agar skema transisi energi didetilkan secara periodik sejak tahun 2020 hingga 2060 mendatang. Untuk itu, DEN telah menyusun Peta Jalan Transisi Energi yang mencakup diantaranya target EBT, penurunan emisi, penggunaan mobil listrik, BBG, DME, hingga nuklir. (Teks: MM, Grafis: MB, Editor: DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.