DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Dalam The 2nd Energy Transition Working Group (ETWG-2)

28 Juni 2022 Berita

Labuan Bajo, 24-25 Juni 2022. Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan Satya Widya Yudha, As Natio Lasman dan Yusra Khan hadir dalam perhelatan The 2nd Energy Transition Working Group (ETWG-2).

ETWG-2 merupakan rangkaian acara dalam Forum Energi G20 Presidensi Indonesia 2022 yang bertujuan untuk merumuskan penyusunan draft Bali Common Principles in Accelerating Clean Energy Transitions (COMPACT).

Selain Bali COMPACT, forum transisi energi G20 kali ini memaparkan kemajuan tiga isu utama yang sudah menjadi kesepakatan pada forum ETWG-1 di Yogyakarta pada Maret 2022, yaitu akses energi, teknologi dan pendanaan.

Kegiatan ini dihadiri secara hybrid oleh delegasi dari negara anggota G20, negara anggota European Union (EU), negara undangan seperti Singapura, Senegal, serta organisasi internasional antara lain IEA, OECD, ADB, PBB, ERIA, SE for All, CEM & MI

Dalam rangka pencapaian target transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE), di sela-sela pelaksanaan ETWG-2, DEN menginisiasi pembicaraan bilateral dengan beberapa negara untuk menjajaki kerjasama antar negara. 

Perwakilan delegasi Arab Saudi, Canada, Australia, Jerman, Britania Raya serta International Energy Agency (IEA) hadir dalam pertemuan dua pihak dengan DEN tersebut. 

Dalam kesempatan singkat tersebut, ketiga Anggota DEN Unsur Pemangku Kepentingan yang hadir menjelaskan mengenai peran DEN dalam pengelolaan energi nasional serta sharing informasi mengenai rencana pelaksanaan transisi energi untuk pencapaian target NZE. 

Di akhir pertermuan bilateral, perwakilan delegasi yang hadir menyampaikan apresiasi atas undangan dari DEN ini serta menyambut pembicaraan teknis lanjutan antara lain melalui kunjungan kerja antar kedua Negara. (Teks: MA, Infografis:OT, Editor: DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.