DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Temui Dubes Denmark, DEN Bahas Kerja Sama Pengembangan Energi

07 Juli 2022 Berita

Jakarta, 7/7/2022. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha, Herman Darnel Ibrahim, Eri Purnomohadi, dan As Natio Lasman, serta Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto menemui Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen.

Anggota DEN Satya menjelaskan pertemuan ini untuk menindaklanjuti pertemuan terakhir tentang skema kerja sama pengembangan energi dan memastikan relevansinya dengan Rencana Energi Umum Energi Nasional (RUEN) dengan Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen mengungkapkan peningkatan kerja sama untuk mengantisipasi peningkatan demand ke depan, dan menyarankan untuk memilih tiga atau empat Provinsi sebagai pilot project dalam membuka peluang investasi dari Denmark.

Dalam kesempatan itu, Satya Widya Yudha merekomendasikan Sulawesi Tenggara karena ada smelter nikel untuk produksi ekosistem baterai dan Sulawesi juga memiliki potensi energi angin.

Anggota DEN Herman Darnel Ibrahim merekomendasikan provinsi di Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur karena jumlah penduduk di provinsi tersebut yang lebih banyak dibandingkan pulau-pulau lainnya. 

Hal senada disampaikan Anggota DEN Eri Purnomohadi, ia berharap untuk mempertimbangkan konsumen terbesar energi khususnya listrik ada di Pulau Jawa.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto merekomendasikan Bali karena Pemerintah Provinsi Bali memiliki komitmen dengan perencanaan energi provinsi dan tidak kalah penting adalah pengembangan listrik yang bersumber energi baru terbarukan.

Duta Besar Denmark Lars Bo Larsen menjelaskan pembahasan lebih detail terkait hal ini akan dilakukan bersama dengan tim DEN, Sekretariat Jenderal DEN, dan Kedutaan Besar Denmark.

Realisasi kerja sama tahun 2021, antara lain dalam pemodelan energi dan perencanaan energi melalui pelatihan model LEAP versi baru dan pemodelan LEAP untuk Outlook Energi Indonesia 2021 dan Grand Strategi Energi Nasional (GSEN).

Lebih lanjut, peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait sektor energi perlu dilakukan melalui pelatihan-pelatihan di Denmark, guna mendukung pelaksanaan tugas DEN. (Teks: TR, Grafis: OT, Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.