DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Kunjungi Pabrik Motor Listrik, Sekjen DEN Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

25 Agustus 2022 Berita

Bogor, 25/8/2022. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengunjungi pabrik motor listrik United E-Motor sebagai bentuk dukungan dalam membangun ekosistem kendaraan listrik nasional.

Acara juga dihadiri Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Danto Restyawan, Kepala Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi BRIN Cuk Supriyadi Ali Nandar, dan Direktur Terang Dunia Internusa Andrew Mulyadi.

Pria yang kerap disapa Djoksis ini menyampaikan, "Dalam Perpres RUEN mengamanatkan untuk membangun industri moda transportasi listrik/hybrid pada tahun 2025 sebesar 2.200 unit untuk roda empat dan 2,1 juta unit untuk roda dua".

"Adapun manfaat penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai bagi Pemerintah yaitu pengurangan defisit, efisiensi energi, subsidi, dan lingkungan, serta bagi masyarakat dapat menghemat biaya bahan bakar", tuturnya.

Tambah Djoksis, upaya yang dilakukan untuk mendorong penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) antara lain menekan harga on the road KBLBB dengan mempercepat insentif fiskal Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta meningkatkan insentif dan kemudahan tambah daya listrik (PLN).

Djoko berharap, "Adanya dukungan dari para stakeholders sangat berarti dalam menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa kendaraan listrik dapat menghemat biaya dan membuka lapangan kerja, sekaligus solusi dalam mengurangi subsidi BBM".

Hal senada disampaikan Cuk Supriyadi, sosialisasi kepada masyarakat perlu terus berjalan untuk menyampaikan bahwa kendaraan listrik memberikan manfaat. 

Danto Restyawan menyampaikan dukungan Kementerian Perhubungan dalam percepatan program KBLBB antara lain melalui berbagai regulasi dan insentif fiskal PKB serta BBNKB listrik.

Sementara itu, Andrew Mulyadi mengungkapkan Indonesia mampu bersaing dengan skena kendaraan listrik yang saat ini sedang berkembang pesat di seluruh dunia. (Teks dan foto: TR, Grafis: OT, Editor: DR dan DE).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.