DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Anggota DEN Satya Menjadi Narasumber Business Talk

25 Agustus 2022 Berita

Jakarta, 23/8/2022. Anggota DEN Satya Widya Yudha menjadi salah satu narasumber pada acara Business Talk yang disiarkan oleh Kompas TV dengan tema Harga BBM Naik, Dana Sosial Kudu Maksimal secara daring.

Satya menyampaikan sisa volume Pertalite adalah sekitar 6 juta kilo liter dan apabila kita menghitung kebutuhan bangsa Indonesia sampai bulan Desember 2022 pasti tidak mencukupi.

Ada dua alternatif agar kebutuhan BBM kita sampai akhir tahun ini tercukupi, yaitu pertama dengan menambah volume BBM dan kedua adalah menaikkan harga BBM.

Satya berpendapat apabila alternatif menambah volume BBM yang akan dipilih dan harga BBM tetap disubsidi, kedepannya kita akan menghadapi masalah APBN yang membengkak.

Namun, apabila yang dipilih adalah alternatif menaikkan sedikit harga BBM (yang tidak sampai harga keekonomian) namun dengan catatan bahwa yang mendapatkan BBM bersubsidi adalah orang-orang yang berhak dg pengontrolan, maka alternatif ini dirasa cukup baik.

"Perlu adanya perubahan cara pandang dan paradigma masyarakat tentang BBM bersubsidi, sehingga subsidi BBM nantinya akan tepat sasaran dan kuota yang disubsidi akan berkurang", jelas Satya.

Anggota DEN yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI periode 2014-2018 ini juga menegaskan bahwa peralihan dari energi berbasis fosil kepada energi baru terbarukan bisa menjadi alternatif solusi untuk mengurangi konsumsi minyak dalam negeri.

"Perbanyak transportasi berbasis listrik. Kita dapat mengurangi impor minyak dan sekaligus mengkonversi transportasi ke ramah lingkungan", tambahnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menyampaikan bahwa Komisi VII DPR RI sudah mendetailkan pasal yang berubah pada Perpres No. 191 Tahun 2014 terkait kategori yang akan berhak mendapatkan subsidi BBM. Ini akan dapat membantu para pihak yg berkepentingan di lapangan untuk menghindari kekacauan dan sekaligus menegakkan hukum.

Di akhir acara, Direktur Celios Bhima Yudhistira mendukung pernyataan Satya bahwa peralihan ke energi baru terbarukan bisa menjadi solusi yang bagus dan tepat. Namun, harus dilanjutkan dengan komitmen dan pembangunan ekosistem oleh semua pihak. (Teks: MM, Infografis: OT, Editor: DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.