DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sekjen DEN Djoko Siswanto Menjadi Narasumber CNBC Indonesia

12 September 2022 Berita

Jakarta, 12/9/2022. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DEN Djoko Siswanto menjadi Narasumber dalam program Energy Corner Today, Squawk Box, di CNBC Indonesia bersama dengan Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto.

Program yg membahas "BBM Oktan Rendah Dilarang Beredar, Pertalite Bakal Hilang dari Pasaran?" ini, Djoko menjelaskan dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) mengamanatkan untuk penggunaan energi yang ramah lingkungan.

Djoko yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Minyak Bumi dan Gas Bumi Kementerian ESDM mengungkapkan hal itu bisa dilakukan dengan mendorong penggunaan bio fuel, bio aftur, dan pemanfaatan kendaraan listrik. 

Adapun wacana yang mengemuka mengenai satu jenis BBM, pria yang kerap disapa Djoksis ini mengungkapkan, "Jika BBM satu jenis, maka mekanisme subsidinya harus disiapkan." 

Djoksis menyarankan terkait mekanisme bisa mengadopsi seperti di Malaysia, yaitu masyarakat diberikan kartu diskon pembelian BBM bersubsidi, dengan ini Pemerintah dapat mengganti secara akurat sehingga subsidi lebih tepat sasaran.

Adapun, upaya untuk mengurangi impor BBM dapat dilakukan dengan, "Penggunaan Bahan Bakar Nabati (BBN) seperti pengembangan katalis merah putih, penggunaan gas, dan memanfaatkan penggunaan kendaraan listrik", pungkas Djoksis.

Hal senada disampaikan oleh Sugeng Suparwoto yang menyampaikan ke depannya infrastruktur untuk bahan bakar gas akan digenjot untuk mendukung transisi energi dari energi fosil ke energi yang semakin ramah lingkungan. (Teks: TR, Grafis: MB, Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.