DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Satya dalam OSEA Energy Summit 2022

18 November 2022 Berita

Singapore,15/11/2022, Anggota Dewan Energi Nasional Satya Widya Yudha hadir sebagai pembicara dalam acara Asia’s Renowned Offshore Oil and Gas Show, OSEA Energy Summit 2022, dengan tema Key Shifts In Global And Regional Energy Markets yang bertempat di Singapore . 

Dalam kesempatannya Satya menyampaikan terkait krisis energi yang terjadi ketika pasokan tidak dapat memenuhi permintaan. Hal-hal yang memicu terjadinya kekurangan pasokan energi antara lain geopolitik dan ekonomi, konsumsi energi yang berlebihan, ketergantungan pada energi fosil dan harga energi. Ketahanan energi bukan hanya tentang memiliki akses energi yang tidak terputus, tetapi juga tentang mengamankan pasokan energi dengan harga yang terjangkau. 

Lulusan Cranfield University UK ini menjelaskan, transisi energi menawarkan peluang untuk membangun sistem energi yang lebih aman dan berkelanjutan untuk mengurangi volatilitas harga bahan bakar dan menurunkan biaya energi. Perlunya memandang bahwa transisi energi bukanlah sebuah beban tetapi sebagai sebuah peluang yang positif. Transformasi ekonomi tidak hanya menciptakan peluang ekonomi secara langsung tetapi juga membuka prospek ekonomi global dengan biaya energi yang lebih rendah dan memberikan banyak manfaat lainnya.

Dalam penutupan Satya yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI periode 2014-2019, menjelaskan tren yang diperkirakan akan terjadi di masa depan dengan memanfaatkan momentum keamanan energi untuk akuisisi sumber daya gas alam dan infrastruktur yang memadai. Percepatan transisi energi mendorong investasi dalam usaha bersama, mengkomersialkan teknologi energi baru yang bersih seperti CCUS dan hydrogen. Mengurangi emisi operasional melalui akuisisi aset yang memiliki profil environment, social, and governance (ESG) yang kuat.

Dalam acara tersebut Satya bertemu dg Ms Low Yen Ling Minister of State Trade & Industry Singapore. (Teks: NDA, Inforafis: OT, Editor : DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.