DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Bahas Pembaruan Kebijakan Energi Nasional (KEN)

19 November 2022 Berita

Bandung, 17/11/2022. DEN melaksanakan rapat pembahasan RPP Pembaruan KEN selama 2 hari berturut- turut, pada tanggal 17 dan 18 November 2022. Rapat dihadiri oleh Anggota DEN unsur Pemangku Kepentingan diantaranya Herman Darnel Ibrahim, Yusra Khan, Agus Puji Prasetyono, As Natio Lasman, Daryatmo Mardiyanto, Eri Purnomohadi, Satya Widya Yudha, Musri Mawaleda, juga perwakilan Anggota DEN unsur Pemerintah dari Bappenas, KLHK, dan BRIN, KESDM yang diwakili Ditjen EBTKE,  Sekretaris Jenderal DEN, Karo Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, serta perwakilan dari ITB dan  PT. Pertamina. 

Dalam kesempatan membuka dan memandu rapat Herman Darnel Ibrahim  mengatakan bahwa rapat pada hari pertama mengagendakan pembahasan RPP KEN sampai pasal 13 dengan lingkup bahasan antara lain ketentuan umum, tujuan, sasaran, dan arah kebijakan energi nasional termasuk di dalamnya ketersediaan energi untuk kebutuhan nasional serta strategi dan prioritas pengembangan energi, ujarnya.

Pembahasan hari kedua RPP KEN sampai pasal terakhir (Pasal 46) dengan lingkup bahasan antara lain kebijakan utama dan kebijakan pendukung termasuk di dalamnya pemanfaatan sumber daya energi nasional, cadangan energi nasional, konservasi energi, konservasi sumber daya energi, diversifikasi energi, ekonomi sirkular, lingkungan hidup, keselamatan kerja, masyarakat, ekonomi hijau, harga, subsidi, insentif energi, sarana prasarana energi untuk akses masyarakat, industri energi, riset, inovasi, penerapan teknologi energi serta pengembangan SDM, kelembagaan,  kondisi krisis energi, pembinaan dan pengawasan, ketentuan lain-lain dan ketentuan penutup, ungkap Herman yang sering disapa akrab HDI.

Beberapa masukan dari Anggota DEN Unsur Pemangku Kepentingan, Sekretaris Jenderal DEN, BRIN dan ITB dalam RPP Pembaruan KEN yang nantinya digunakan sebagai pertimbangan dalam draf RPP KEN. 
Sebagai tindak lanjut dalam waktu dekat, DEN akan melakukan pembahasan draf RPP KEN kembali dengan draf hasil rapat hari ini ujar HDI menutup acara.( Teks: KEN, Infografis: OT, Editor DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.