DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Sekjen DEN Bahas Isu Keenergian

23 November 2022 Berita

Jakarta, 22/11/2022. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menjadi narasumber dalam workshop Agenda Prioritas Pengawasan 2023 bertajuk “Isu dan Pemasalahan Infrastruktur Energi, Cadangan Energi Nasional, dan Transisi Energi/Energi Baru Terbarukan (EBT)”.

Dalam paparannya, pria yang kerap disapa Djoksis ini menuturkan bahwa Indonesia masih dihadapkan pada sejumlah isu dan permasalahan dalam hal infrastruktur energi, cadangan energi nasional, dan transisi energi. 

Pada sektor infrastruktur energi, masih terdapat permasalahan kinerja pembangunan infrastruktur proyek strategis nasional (PSN) energi kelistrikan, yaitu pembangkit, transmisi, dan distribusi. Hal serupa juga terjadi pada PSN di sektor minyak dan gas bumi, antara lain dalam hal eksplorasi, pengolahan, dan distribusi. Selain itu, permasalahan dalam penerapan kerja sama antara pemerintah dan badan usaha (KPBU) di sektor energi juga masih ditemui.

Di sisi lain, dalam hal cadangan energi nasional, terdapat empat isu dan permasalahan, diantaranya kebijakan penyediaan cadangan energi nasional, sedikitnya cadangan BBM Indonesia, skema skema pembangunan cadangan minyak strategis, serta hambatan strategis penyediaan cadangan energi nasional yang meliputi anggaran, lokasi, peraturan turunan, lembaga penanggung jawab pembangunan dan pengelolaan.  

Terakhir, di sektor transisi energi atau EBT, isu dan permasalahan masih ditemui dalam hal kebijakan energy transition mechanism, rencana umum energi daerah, tantangan pengembangan pembangkit listrik tenaga surya atap, serta hambatan masuk ke pasar untuk produk EBT. 

“Harapannya, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dapat turut mendukung penyelesaian isu dan permasalahan tersebut, khususnya dalam hal perizinan, sosialisasi, dan koordinasi ke pihak-pihak terkait”, tutup Djoksis. (Teks: SL, Grafis: OT, Editor: DR)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.