DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Laksanakan UU 30/2007, DEN Awasi Pelaksanaan Kebijakan Subsidi LPG Tepat Sasaran

19 Januari 2023 Berita

Bandung, 19/1/2023. DEN menggelar rapat koordinasi pengawasan pelaksanaan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) lanjutan terkait implementasi kebijakan subsidi LPG tepat sasaran. Rapat untuk melaksanakan Undang-Undang (UU) 30/2007 tentang Energi, yang mengamanatkan tugas DEN antara lain mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral.

Pertemuan dipimpin Anggota DEN Eri Purnomohadi dan dihadiri Anggota DEN Musri, Daryatmo Mardiyanto, dan Yusra Khan, Staf Ahli Menteri LHK Bidang Energi Winarni Monoarfa, Perencana Ahli Utama Bappenas Yahya Hidayat, Koordinator Subsidi BBM dan Gas Bumi Kementerian ESDM Christina Meiwati Sinaga, Manager PSO & Non PSO LP Sales Pertamina Patra Niaga Isfahani, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah 3 Hiswana Migas Juan Tarigan. Selain itu, juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, BRIN, BPH Migas, dan Sekretariat Jenderal DEN.

Saat membuka pertemuan, Eri Purnomohadi menyampaikan, “Tujuan dari pertemuan untuk mendapatkan data dan informasi terkini terkait pelaksanaan kebijakan subsidi LPG yang tepat sasaran dan menyosialisasikan rencana implementasi subsidi tertutup kepada lembaga non-Pemerintah.

Lebih lanjut, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota Komite BPH Migas ini mengungkapkan “Salah satu kendala yang dihadapi pada kenaikan subsidi LPG dan BBM adalah adanya penyaluran subsidi yang belum tepat sasaran baik untuk LPG dan BBM. Untuk itu Pemerintah perlu mengupayakan untuk melakukan penyaluran subsidi agar tepat sasaran. Hal tersebut sejalan dengan Surat Menteri ESDM terkait Kewajiban Pendistribusian LPG Tabung 3 kg oleh Sub Penyalur”.

Dalam kesempatan ini, Musri mengusulkan untuk subsidi diberikan kepada penerima manfaat melalui instansi yang memahami sasaran yaitu petani oleh Kementerian Pertanian, nelayan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan usaha mikro oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sementara itu, Yusra mengusulkan adanya kolaborasi antara para pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha dalam menyusun langkah pengurangan subsidi LPG 3 KG.

Daryatmo menyampaikan sejauh mana data penerima manfaat dapat disempurnakan dalam kurun waktu tertentu dan dapat ditindaklanjuti pada pertemuan selanjutnya dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Hiswana Migas.

Selaras dengan Daryatmo, Yahya menyampaikan sasaran kepada penerima manfaat, tantangannya pada data yang berhak menerima, perlunya secara bertahap untuk validitas data tersebut, jika data cukup memadai, maka dilakukan subsidi pengalihan subsidi LPG 3 KG.

Sedangkan, Christina menjelaskan pelaksanaan pra uji coba sistem mulai 5 Oktober 2022 dengan menggunakan website yang bisa dibuka melalui browser smart phone Sub Penyalur/Pangkalan dan saat ini sedang dalam pembahasan serta evaluasi pelaksanaan pra uji coba tersebut.

Isfahani menyampaikan tujuan transformasi subsidi LPG 3 KG tepat sasaran sebagai upaya menindaklanjuti arahan Menteri ESDM untuk mulai melakukan pendataran konsumen pengguna LPG 3 KG di tahun 2022, memastikan LPG 3 KG digunakan oleh konsumen yang sesuai peruntukannya, dan melakukan pencatatan transaksi pembelian LPG 3 KG oleh konsumen secara digital.

Juan berharap perlu adanya koordinasi secara simultan dan intens antara tim monitoring subsidi tepat Hiswana dengan Pertamina Patra Niaga, informasi mengenai subsidi tepat sasaran dapat tersampaikan dengan baik kepada agen, pangkalan, dan konsumen masyarakat. 

Eri menutup dengan menyampaikan tindak lanjut rapat antara lain memperkuat koordinasi Pemerintah Daerah, Kementerian terkait, badan usaha, dan pihak berwajib terutama untuk monitoring dan evaluasi implementasi subsidi LPG dan DEN akan melakukan kunjungan ke Kota/Kabupaten yang dilakukan uji coba untuk melihat persiapan implementasi subsisdi LPG 3 KG tepat sasaran. (Teks & Foto: TR, Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2023 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.