DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

HDI : Ekspor Listrik Ke Singapura Pasokan Dalam Negeri Aman?

12 September 2023 Berita

Energy Corner yang ditayangkan oleh CNBC TV pada Selasa (12/09/2023) mengangkat topik tema RI Mau Ekspor Listrik Ke Singapura Pasokan Dalam Negeri Aman? dengan narasumber Anggota DEN, Herman Darnel Ibrahim.

Anggota DEN, Herman Darnel Ibrahim yang akrab dipanggil HDI menyampaikan bahwa skema penjualan listrik ke Singapura perlu memperhatikan berbagai aspek, tidak hanya kepentingan bisnis namun dalam sisi perlunya mengamankan pasokan dalam negeri. Ekspor listrik nantinya akan mempengaruhi ketahanan energi kita, oleh sebab itu diperlukan beberapa kajian serta aturan interkoneksi antar negara. Disamping itu, saat ini listrik masuk kedalam kebutuhan pokok masyarakat, sebagai alat untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat. 

HDI menjelaskan seharusnya tidak hanya kerjasama ekspor listrik, melainkan kerjasama ekspor-impor listrik bisa terjalin sehingga kedua negara bisa mendapatkan keuntungan yang optimal. “Kerjasama ekspor-impor listrik seharusnya dilakukan oleh BUMN sehingga kepentingan negara dalam mengamankan pasokan dalam negeri dapat terkendali” tegasnya.

Dalam penutupannya, HDI menjelaskan bahwa prinsipnya kerjasama penjualan listrik ke Singapura dapat dilakukan namun ada beberapa hal yang perlu kita disiapkan, pertama mengenai kajian implementasi, kedua aturan jual antar negara dan ketiga bentuk regulasi.  (Teks: AM, Grafis: IT, Editor: DE)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2023 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.