DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Virgin Australia membentuk konsorsium untuk mengembangkan bio-fuel baru

22 Juli 2011 Berita

Virgin Australia baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah bermitra dengan Renewable Oil Corporation (ROC), Dynamotive Energy Systems Corporation (DYMTF) dan Future Farm Industries Co-operative Research Centre (FFI CRC), untuk mengembangkan biofuel bahan bakar penerbangan berkelanjutan yang memberi nilai tambah bagi masyarakat pertanian Australia dan lingkungan.

Konsorsium tersebut berencana untuk menggunakan teknologi pirolisis-cepat yang dikembangkan oleh Dynamotive untuk memproses mallees, sejenis pohon eukaliptus atau kayu putih yang banyak tumbuh di Australia.

Dynamotive telah berinvestasi lebih dari $ 100 Juta dan telah mengembangkan   teknologi pirolisis-cepat lebih dari 10 tahun serta mengembangkannya dari skala-riset hingga ke skala-komersial di Kanada.

CEO Dynamotive Mr. Andrew Kingston mengatakan, "Kami memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan industri yang berkelanjutan di Australia Barat yang mampu menghasilkan biofuel  generasi kedua yang tidak memerlukan feedstock dari tanaman pangan dan memiliki efek positif bagi tanah dan pengelolaan air."

CEO CRC Mr Kevin Goss mengatakan: "Riset kami menunjukkan bahwa mallees dapat ditanam bersamaan dengan tanaman pakan ternak  di wilayah Australia. Mallees juga dapat menjadi sumber biomassa untuk energi terbarukan, memproteksi tanah dari erosi angin, menghindari salinitas lahan kering dan menjadi penerduh ternak. Tanaman mallees sejenis kayu putih ini juga menyediakan habitat bagi burung dan mamalia."

Renewable Oil Corporation (ROC) adalah mitra Dynamotive di Australia yang akan mengembangkan proyek biofuel di Australia.

Saat ini konsorsium tersebut sedang memfinalisasikan rencana pemabngunan unit demonstrasi yang akan memproduksi bio-fuel  untuk kemudian di-tes laboratorium, disertifikasi dan diuji publik. Unit demonstrasi tersebut dimaksudkan untuk ditingkatkan menjadi unit operasional pada tahun 2012, diikuti kemudian dengan  pembangunan pabrik skala komersial, yang ditargetkan selesai pada awal 2014.

 (Sumber: Media Release Virgin Australia – SM)
 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.