DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

IADB menghibahkan dana ke Kolombia untuk pengembangan energi panas bumi

25 Juli 2011 Berita

Kolombia akan menerima USD 2,7 juta dari Inter-American Development Bank (IADB) untuk mempromosikan energi panas bumi dan mempersiapkan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi pertamanya , demikian keterangan  IADB baru-baru ini.


Hibah ini akan membantu Kolombia untuk mengembangkan kerangka peraturan untuk menstimulasi penggunaan energi terbarukan dengan penyediaan insentif dan menghilangkan hambatan bagi investasi panas bumi. Hibah ini juga akan memungkinkan Kolombia untuk memperbarui database sumber daya energi terbarukan yang dimilikinya.


Selain itu, perusahaan milik negara Kolombia ISAGEN akan mengelola kajian teknis, kajian lingkungan dan sosial untuk menilai potensi panas bumi di pegunungan Macizo Volcanico del Ruiz. Penelitian akan melengkapi studi kelayakan yang saat ini sedang dilakukan.

Tergantung kajian dan tahap pengeboran, ISAGEN kemungkinan akan membangun pembangkit panas bumi sebesar 50 MW. Pembiayaan juga akan digunakan untuk menilai struktur pembiayaan  yang sesuai untuk instalasi pembangkit listrik.

ISAGEN dan  pemerintah Kolombia masing-masing akan memberikan kontribusi sebesar USD 850.000 dan USD 200.000.

(Sumber: SeeNews –SM)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.