DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Penemuan uranium India bisa menjadi yang terbesar di dunia

26 Juli 2011 Berita

Kepala Departemen Atom India baru-baru ini menyampaikan bahwa India menemukan deposit uranium di selatan India yang tergolong sebagai salah satu cadangan terbesar di dunia.Tambang Tumalappalli di negara bagian Andhra Pradesh telah mengkonfirmasi penemuan 49.000 ton cadangan bijih uranium dan ada indikasi bahwa potensi cadangan sebesar tiga kali itu. Produksi direncanakan akan dimulai dalam enam bulan kedepan (Sekretaris Departemen Energi Atom seperti yang dikutip The Times of India).


Cadangan terbukti tersebut akan cukup untuk mendukung 8.000 Mega Watt pembangkit listrik tenaga nuklir selama 40 tahun. India berencana untuk meningkatkan kapasitas pembangkitan tenaga nuklir dari 4,7 giga watt (GW) saat ini menjadi 7,3 GW pada akhir Maret 2012 dan 20 GW pada tahun 2020.


Untuk mewujudkannya, India telah menandatangani kesepakatan bersejarah dengan Amerika Serikat dan membuka pasar pembangkit nuklir dalam negeri yang diperkirakan sebesar AS  $ 150 milyar bagi sektor swasta, seperti GE dan Areva.

India, yang memiliki kapasitas pembangkit terpasang 164 gigawatt (GW), menargetkan untuk meningkatkannya menjadi 187 GW pada akhir Maret 2012. Ini untuk mengantisipasi  pertumbuhan ekonomi India sebesar 9 persen.


 (Sumber: Reuter – SM)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.