DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

PEKAN ENERGI INDONESIA 2011

26 Juli 2011 Berita

Pekan Energi Indonesia 2011 berlangsung di Parkir Timur Senayan, tanggal 25-27 Juli 201, kegiatan ini merupakan upaya bersama seluruh praktisi energi nasional untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian bangsa Indonesia dalam mengelola potensi energi Nasional.


Acara Pekan Energi Nasional dibuka oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kardaya Warnika, Senin (25/7/2011). Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa kondisi penyediaan energi saat ini dihadapkan beberapa permasalahan.

Permasalahan terbesar adalah ketergantungan yang tinggi terhadap energi fosil seperti minyak bumi dan batubara ditengah semakin menipisnya cadangan yang ada. Secara umum kondisi penyediaan energi nasional dihadapkan pada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan dengan segera.


Selanjutnya Kardaya menjelaskan bahwa, berkaitan dengan pertumbuhan konsumsi energi yang tumbuh sebesar 7% per tahun yang disebabkan pertumbuhan ekonomi dan penduduk, pertumbuhan konsumsi ini belum sepenuhnya diimbangi oleh pasokan, selain itu adanya ketergantungan tehadap energi fosil.


Hal lain yang menjadi permasalahan adalah, kita masih terhitung boros dalam pemakaian energi kemudian masalah harga energi yang belum menacapai keekonomiannya dan konsumsi energi per kapita yang masih rendah yaitu sekitar 0,4 ton oil ekuivalen per kapita, lanjut Kardaya.


Ditegaskan Kardaya bahwa Pemerintah akan terus berupaya memperbaiki permasalahan pasokan energi nasional khususnya permasalahan pasokan konsumsi dalam negeri. " Menipisnya cadangan energi berbasis fosil dan masih besarnya tingkat ketergantungan terhadap energi berbasis fosil ini yang berdampak besar terhadap perekonomian nasional maka perlu dilakukan berbagai upaya antara lain diversifikasi dan konservasi energi secara menerus dan konsisten.


Upaya diversifikasi dilakukan Pemerintah yaitu dengan memanfaatkan berbagai sumber-sumber energi alternatif yang tersedia sedangkan dengan konservasi dilakukan dengan melakukan penghematan pemakaian energi.


Dalam rangkaian acara tersebut juga berlangsung diskusi-diskusi yang berkaitan dengan migas, energi baru terbarukan, batubara dan kelistrikan. Pada hari pertama tampil Anggota Dewan Energi Nasional  sebagai nara sumber diantaranya Rinaldy Dalimi berkaitan dengan tema “Menuju Indonesia Energi Haijau”, Herman Agustiawan berkaitan dengan tema “ Kebijakan Batubara Nasional untuk Ketahanan Energi Nasional”, dan Widjajono Partowidagdo berkaitan dengan tema Akselarasi Tatakelola Migas Nasional”. Sedangkan moderator tampil Anggota DEN Mukhtasor, dan Agusman Effendi, Sekjen DEN dan Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan.

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.