DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Kota London menyongsong armada taksi rendah-emisi

27 Juli 2011 Berita

Sebuah perusahaan perakitan mobil Inggris, Eco City Vehicles (ECV) yang dimiliki oleh aktivis lingkungan MP Tim Yeo telah membuat "terobosan penting" dalam pasar taksi di London, dimana pemesanan mobil ke perusahaan ini  terus meningkat mengantisipasi peraturan kualitas udara ibukota London yang akan diterapkan awal 2012.

Eco City Vehicles baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaannya telah menerima pesanan armada taksi “Vito” dari perusahaan ComCab, yang memiliki sekitar 3.000 taksi di London.  

Taksi Vito, yang chasisnya diproduksi oleh Mercedes Benz, menghasilkan emisi yang lebih rendah sekitar sembilan persen dibandingkan dengan model taksi lainnya, dan memenuhi standar kualitas udara Euro V yang akan mulai berlaku pada awal 2012.

Standar kualitas udara ini diadopsi oleh pemerintah kota London dalam upaya untuk meningkatkan kualitas udara ibukota.  Sebelumnya telah banyak ditemukan  pelanggaran standar kualitas udara yang mengakibatkan ancaman denda jutaan Euro.

ECV juga telah menyetujui kontrak baru dengan Mercedes Benz sebagai penyedia chasis Vito. Kontrak baru akan lebih mendongkrak penjualan Vito. ECV telah menjual setidaknya 1.200 taksi Vito di London, meliputi sekitar 30 persen dari seluruh penjualan taksi baru.

Kepala eksekutif perusahaan ECV,  Peter DaCosta menyampaikan ke BusinessGreen bahwa ia yakin akan lebih banyak lagi mendapat pesanan armada taksi London, bukan saja karena meningkatnya permintaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan efisien, tetapi karena penerapan aturan pembatasan emisi yang berarti bahwa taksi yang berumur lebih dari 15 tahun tidak dapat lagi beroperasi di ibukota, setelah diberlakukannya standar emisi Euro V akhir tahun ini.

Ia percaya aturan tersebut bisa menghapus sebanyak 3.000 taksi dari jalanan London. Setelah uji coba taksi listrik, e-Vito tahun lalu, perusahaan ECV kemungkinan juga akan menguji coba  model hibrida plug-in, demikian kata Dacosta.

(Sumber: BusinessGreen – SM)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.