DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

PERTAMINA EP LUNCURKAN 5 LAPANGAN KSO

27 Juli 2011 Berita

Pertamina EP meluncurkan 5 lapangan Kerja Sama Operasi (KSO) dalam acara Launching KSO Batch-4 di Jakarta, Selasa (26/7). Lapangan yang ditawarkan terdiri dari dua lapangan eksplorasi yakni West Jambi 2  di Sumatera Selatan dan Bungalun-Kariorang di Kalimantan Timur. Sedangkan untuk lapangan produksi terdiri dari Pabuaran di Jawa Barat, Tawun-Gegunung  dan Trembes-Sendang  di Jawa Timur.

PJ Presiden Direktur Pertamina EP Syamsu Alam menegaskan bahwa  dengan Kerja Sama Operasi diharapkan dapat mendukung upaya pencapaian kinerja eksplorasi dan produksi. Kerja Sama Operasi dengan mitra kerja di lapangan eksplorasi dan produksi merupakan salah satu upaya Pertamina EP dalam mengoptimalkan  wilayah kerjanya.


“Pertamina memberikan kesempatan kepada para mitra kerja untuk bekerjasama dalam pengelolaan wilayah KSO dimaksud dengan mengutamakan aspek financial, engineering, serta tidak mengabaikan unsure keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja serta kepedulian terhadap lingkungan,” tegas Syamsu Alam.

Jadwal pelaksanaan proses administrasi Kerja Sama Operasi lapangan yang ditawarkan adalah sebagai berikut: Infomemo Access pada 1 Agustus – 30 September 2011, Data Administrative Submission pada 1 Agustus – 30 September 2011, Data Review pada 1 Agustus – 30
September 2011, Data Access pada 1 Agustus –  4 Oktober 2011, dan Bid Document Submission pada 3 November 2011

Masa berlaku perjanjian KSO Eksplorasi maksimum selama 20 tahun. Mitra kerja wajib menyerahkan Plan of Development (POD) atas setiap penemuan produksi komersial kepada Pertamina EP untuk mendapatkan persetujuan. Mitra berhak atas bagian produksi dan cost recovery jika produksi dinyatakan komersial oleh Pertamina EP. Setelah tiga tahun masa komitmen pasti tidak ditemukan cadangan ekonomis maka Pertamina EP berhak memutuskan perjanjian.

Masa berlaku perjanjian KSO Produksi maksimum 15 tahun.  Mitra berhak atas bagiannya dari minyak mentah yang diproduksikan di atas Produksi Dasar yang ditetapkan. Mitra tidak berhak atas bagian minyak mentah yang jumlah produksinya sama dengan atau di bawah Produksi Dasar (Non Shareable Oil).

Hingga saat ini, Pertamina EP telah memiliki 16 Kerja Sama Operasi yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Papua.

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.