DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pengembang energi bersih menyongsong Kebijakan Carbon Pricing Australia

02 Agustus 2011 Berita

Perusahaan-perusahaan yang berorientasi energi bersih di Australia, siap menuai keuntungan dari diterapkannya kebijakan pemerintah federal Australia tentang carbon pricing dan dukungan inisiatif energi bersih yang diumumkan pada 10 Juli 2011. Kebijakan ini termasuk skema pemangkasan emisi terbesar di luar Eropa.

Kebijakan Clean Energy Future package, yang merupakan reformasi ekonomi Australia dalam dekade terakhir, membuka pintu bagi perusahaan yang mengembangkan energi ramah lingkungan seperti surya, angin, panas bumi, tidal laut atau energi terbarukan lainnya.

Investasi sebesar $ 13 miliar yang akan dikelola oleh  Clean Energy Finance Corporation dan Badan Energi Terbarukan Australia akan mendorong pengembangan energi terbarukan karena menciptakan kepastian investasi di sektor energi terbarukan.

Dalam beberapa pekan terakhir, harga saham dari perusahaan-perusahaan pengembang energi terbarukan telah melonjak sebagaimana para investor mencoba untuk memilih pemenang dari tender-tender kebijakan baru Pemerintah Australia.

Panas Bumi adalah salah satu sektor terbarukan lokal yang paling menjanjikan, dan telah menjadi pemenang terbesar di pasar saham dalam beberapa pekan terakhir. Energi panas bumi, secara harfiah diperoleh dari daerah panas di bawah permukaan bumi dan operasinya mirip dengan migas, di mana Australia memiliki keterampilan teknis di bidang ini.

Dari hasil perhitungan, struktur geologi South Australia's Cooper Basin mampu memberikan pasokan  dalam jumlah yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan energi negara bagian timur Australia.

(Sumber: proactiveinvestors.com.au – SM )   
 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.