DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

PT PLN PERKUAT SISTIM KELISTRIKAN SUMBAGSEL

05 Agustus 2011 Berita

Sebagai upaya untuk memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), PT PLN (Persero) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Borang dengan kapasitas 1 x 60 Mega Watt (MW) yang terletak di desa Merah Mata Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Demikian siaran pers PT PLN yang diterima redaksi, (04/08).   


Pemasangan tiang pancang pertama (Ground Breaking) yang secara simbolis menandai dimulainya pembangunan PLTG Borang dilakukan oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan, Kamis (4/8).PLTG Borang dibangun sebagai tindaklanjut dari adanya perjanjian kerjasama sewa beli PLTG antara PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan dengan konsorsium PT Wijaya Karya dan PT Navigat Energy.  Skema sewa beli PLTG Borang akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun, sejak mulai beroperasi secara komersial. Setelah kontrak perjanjian berakhir, maka kepemilikan dan pengelolaan PLTG Borang akan diserahkan kepada PLN.


Diperkirakan masa konstruksi pembangkit ini akan memakan waktu sekitar 6 (enam) bulan yang meliputi tahapan  Engineering,  Procurement dan  Construction (EPC) dan diharapkan pada pada akhir  tahun 2011, PLTG Borang sudah bisa beroperasi penuh. Selain PLTG Borang, di lingkungan  PLN Pembangkitan Sumbagsel terdapat beberapa proyek pembangkit listrik tenaga gas yang dikembangkan dengan skema sewa beli, diantaranya PLTG Payoselincah dengan kapasitas 100 MW di Jambi dan PLTG Talang Duku 60 MW di Musi Banyuasin.


Dengan demikian, total kapasitas dari 3 PLTG yang dikembangkan dengan skema sewa beli tadi,  mencapai 220 MW.Pengoperasian PLTG yang berbahan bakar gas, selain dimaksudkan untuk lebih memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumbagsel, juga diharapkan mampu menambah kemampuan pasokan daya secara lebih efisien dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak.


Diperkirakan dengan beroperasinya PLTG, maka PLN dapat mengurangi penggunaan BBM sebesar 117,73 Juta liter per tahun atau setara dengan nilai penghematan sebesar  Rp 918 Milyar / tahun.Selain akan bertambah sebesar 220 MW yang berasal dari proyek sewa beli PLTG tadi, kemampuan pasokan daya di wilayah Sumbagsel juga bakalan semakin membaik dengan bertambahnya pasokan daya sebanyak 114 MW yang berasal dari relokasi PLTG sebesar 14 MW dan PLTU Sebalang 1 sebesar 100 MW, diperkirakan sampai awal tahun 2012 nanti di wilayah Sumbagsel akan ada tambahan daya sebesar sebesar 334 MW sehingga akan lebih siap untuk mengantipasi pertumbuhan kebutuhan tenaga listrik.  

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.