DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Penggunaan gas India dapat menggantikan konsumsi naftha hingga 100,000 b/d

08 Agustus 2011 Berita

Penggunaan gas alam India telah tumbuh pesat karena meningkatnya produksi dalam negeri dan gas terus menggantikan porsi permintaan nafta hingga sekitar sepertiga, demikian menurut ESAI, konsultan yang berbasis di Boston. Dalam 5 tahun ke depan, peningkatan akses ke gas akan memungkinkan konsumsi naik hingga 85 miliar cu m /tahun pada 2015. ESAI memperkirakan bahwa produksi gas tahunan India akan tumbuh menjadi 65 bcm pada tahun 2015, dari 30 bcm net output pada tahun 2001.

Sebagaimana penggunaan gas meningkat, ESAI memperkirakan gas akan menggantikan sekitar 100.000 b/d permintaan nafta di India. ESAI menyarankan bahwa agar pasokan dan konsumsi berekspansi lebih cepat, India perlu beralih ke market pricing untuk mendorong output domestik, memperluas infrastruktur pipa ke selatan, dan membangun lebih banyak lagi terminal LNG.

Konsumen nafta India saat ini adalah industri pupuk dan pembangkit listrik. Dalam dua tahun terakhir telah terjadi penurunan penggunaan nafta untuk pembangkit listrik.

ESAI memperkirakan bahwa 15% dari produksi pupuk nitrogen India adalah dari nafta. ESAI menyampaikan bahwa jika pemerintah India mendorong fuel switching sepenuhnya dari nafta ke gas di industri pupuk, maka analisisnya menunjukkan bahwa gas alam akan menggantikan sekitar 75,000-80,000 b/d nafta untuk penggunaan dalam industri pupuk.

(Sumber: Oil&GasJournal – SM)

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.