DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

JEPANG BIAYAI PROYEK SYNGAS DI SUMATERA

13 Agustus 2011 Berita

Indonesia dan Jepang bekerja sama membangun Sumatra SNG Project, proyek pembangunan kilang pengolahan batu bara kelas rendah (low rank coal) menjadi Synthetic Natural Gas (SNG) atau syngas yang akan dibangun di Sumatera. Pemerintah Jepang telah menyetujui pendanaan studi kelayakan (feasibility study) proyek tersebut.

Wakil Mitsubishi Heavy Industries/Mitsubishi Corporation (MHI/MC) dalam rapat dengan Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo dan instansi terkait di Gedung Migas, Jumat (12/8/2011), mengemukakan, persetujuan itu dikeluarkan Pemerintah Jepang pada akhir Juli 2011.

Sebagai tindak lanjut dari persetujuan itu, Pemerintah Indonesia meminta MHI menyampaikan secara lengkap jadwal dan lingkup kerja studi kelayakan proyek Sumatera SNG ini. Selanjutnya, pihak Jepang meminta adanya surat dari Pemerintah Indonesia yang menyampaikan ketertarikan untuk meneruskan FS ini pada tahap FEED (Front End Engineering Design).

Menurut rencana, kilang Sumatera SNG yang akan dibangun berkapasitas 150 MMSCFD. PT CPI dan PLN telah menyatakan kesediaannya membeli produks gas SNG dengan ketentuan business to business. Produksi CO2 yang dihasilkan, akan diangkut melalui pipa ke lapangan minyak untuk memulihkan produksi minyak di lapangan yang cadangannya hampir habis.

Syngas merupakan sejenis gas campuran yang terdiri atas gas karbon monoksida dan hidrogen. Terkadang gas ini juga mengandung karbondioksida. Syngas mudah terbakar dan digunakan sebagai bahan bakar atau digunakan dalam proses untuk membuat zat kimia lain.

 

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.