DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pertemuan Tahunan Energi Tidal ke-5 di bulan November

18 Agustus 2011 Berita

Industri pembangkit listrik tidal telah bergerak maju dimana telah dibangun pembangkit listrik dalam skala demo di Eropa, Amerika dan Asia dan serangkaian multi-megawatt dari perusahaan Hammerfest Strom, Open Hydro dan MeyGen.

Perkembangan ini memerlukan pembuktikan langsung dari keandalan teknologi pembangkit tidal skala komersial melalui implementasi skala besar, yang memerlukan uluran tangan dari pemerintah, keterlibatan pengguna akhir (perusahaan utilitas listrik) atau kolaborasi.

Laporan terakhir menyatakan bahwa energi kelautan bisa mencapai tingkat kompetitifnya dibanding potensi energi angin dan nuklir pada tahun 2025, tetapi sama halnya seperti potensi angin pada 10 tahun yang lalu, proyek tidal pertama harus diinisiasi untuk pembuktian. Lima tahun ke depan merupakan periode penting untuk pengembangan rencana-rencana strategi instalasi dan penempatan turbin dalam air, baik untuk kelayakan teknis maupun kelayakan ekonomi dari teknologi tidal.

Perusahaan pengembang utama diantaranya Tidal Generation Ltd, OpenHydro, Atlantis Resources Corporation, Marine Current Turbines, Hammerfest Strom and Voith Hydro Ocean. Dimana Atlantis Resources telah meluncurkan AK1000, sebuah  turbin tidal terbesar yang pernah dibangun di seluruh dunia, yang siap dikapalkan ke situs pengujian European Marine Energy Centre di Eday, Orkney.

The 5th Annual International Tidal Energy Summit akan diselenggarakan di London pada 21-23 November  2011. Pertemuan ini akan dihadiri 400 profesional perindustrian, akan fokus pada pembahasan tentang bagaimana mengatasi tantangan utama yang dihadapi energi tidal dalam satu sesi pleno.

Beberapa isu tidal yang akan dibahas diantaranya adalah:
•    Tantangan penginstalasian untuk skala komersial
•    Mengatasi hambatan lingkungan dan perizinan
•    Rekayasa teknik untuk implementasi energi kelautan
•    Inovasi pengembangan instalasi tidal

(Sumber: Tidaltoday – SM)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2020 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.