DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

PENAWARAN WILAYAH PENUGASAN SURVEI PENDAHULUAN PANAS BUMI

11 Februari 2011 Berita

Undang-Undang (UU) No. 27/2003 Tentang Panasbumi, pasal 10 mengamanatkan bahwa untuk mempercepat pemanfaatan panas bumi dapat diberikan wilayah penugasan survei pendahululuan panas bumi kepada Badan Usaha.
Berdasarkan UU tersebut yang diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) no.59/2007 tentang Kegiatan Usaha Panas Bumi, maka Kementerian Energi dan Sumber Daya (KESDM)  melalui Keputusan Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen)         No. 2010 K/30/MEM/2009, memutuskan terdapat  9 wilayah penugasan survei pendahuluan panas bumi yang ditawarkan kepada Badan Usaha dan terbuka untuk umum.

Tetapi, dalam perkembangannya dari Sembilan (9) lokasi yang ditawarkan, hingga kini baru  dua (2) lokasi wilayah penugasan yang telah diambil penugasannya yaitu Wilayah Ulumbu dan Mataloko yang diberikan kepada PT. PLN (persero). Sementara tujuh (7) lokasi sampai saat ini masih terbuka untuk ditawarkan kepada Badan Usaha yang berminat dan memenuhi syarat dalam mengembangkan usaha panas bumi.  Untuk itu, pada tanggal 2 Februari, 2011, melalui Web-site esdm.go. id dan ebtke.esdm.go.id, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya mineral kembali mengumumkan tujuh (7) wilayah penugasan survei panas bumi. Sebagai persyaratan dan tata cara pemohonan penugasan survei pendahuluan serta informasi lainnya secara rinci dapat dilihat pada www.ebtke.esdm.go.id atau menghubungi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Jln. Jend.Gatot Subroto Kav.49 Jakarta Telp. (021) 525 4508 – 525 0575 Fax. (021) 525 0575.
 Daftar  7 (tujuh) Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan Panas Bumi yang akan ditawarkan kepada Badan Usaha

No.    Lokasi    Kab./Kota    Provinsi
1.    Sungai Betung    Kerinci dan Pesisir Selatan    Jambi dan Sumatera Barat
2.    Sungai Tenang    Merangin    Jambi
3.    Ciseeng    Bogor dan Lebak    Jawa Barat dan Banten
4.    Malawa    Maros, Pangkajene Kepulauan, Bone dan Barru    Sulawesi Selatan
5.    Gn. Dua Saudara    Bitung    Sulawesi Utara
6.    Ulumbu    Manggarai    Nusa Tenggara Timur
7.    Gn. Gede Pangrango    Bogor, Sukabumi, Cianjur    Jawa Barat
 

Siaran Pers, Kepala Biro Hukum dan Humas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.