DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Workshop tentang Development of New and Renewable energy

22 September 2011 Berita

Bp. Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D sebagai salah satu anggota Dewan Energi Nasional yang juga adalah Dekan pada Fakultas Teknik Universitas Gajahmada bersama dengan Swedish International Development Cooperation Agency (SIDA)  menggagas suatu workshop tentang Development of New and Renewable energy.

Acara workshop pada Rabu 21 September 2011 di Yogyakarta telah dengan sukses diselenggarakan dan dibuka oleh antara lain Dekan Fakultas Teknik UGM Bp. Tumiran, Ms. Annika Siwertz (Counsellor for Development Cooperation Kedubes Swedia), dan Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Bp. Novian Moezahar Thaib.

Pembicara dari Swedia meliputi Swedish Energy Agency, badan riset & pengembangan Swedia atau SP Technical Research Institute, juga perusahaan Borasenergimiljo yang bertanggungjawab menangani pengelolaan sampah kota Boras. Sementara pembicara dari Indonesia meliputi  perwakilan Direktorat Jenderal EBT-KE, Fakultas Teknik UGM, BAPPENAS, dan PT. PLN. Acara Workshop dihadiri sebanyak 180 partisipan, dimana 86 diantaranya adalah pemerintah kota.

Mr. Martin Dahl dari Borasenergimiljo memaparkan bagaimana kesuksesan perusahaan yang bergerak dalam bisnis pemanasan rumah ini, dalam satu dekade terakhir beralih dari energi fosil ke energi biomassa (sampah kota Boras), yang dipicu oleh kenaikan harga dan pajak bahan bakar fosil. Praktis perusahaan yang mempekerjakan 220 karyawan ini kemudian ikut terjun kedalam tata kelola sampah kota. Tata kelola sampah kota telah sangat maju di Swedia, didukung oleh kebijakan pelarangan landfill, kebijakan fiskal dan kebijakan-kebijakan lainnya.

Dr. Siti Syamsiah sebagai Koordinator Program Waste Refinery Fakultas Teknik UGM menyampaikan presentasi tentang kesuksesan kerjasama dengan pemerintah Swedia dalam pengelolaan sampah organik Pasar Buah dan Sayuran Gemah Ripah Sleman, yang kemudian akan diikuti oleh pasar-pasar lain di Yogyakarta. Beliau memaparkan bahwa pengelolaan sampah memerlukan sosialisasi, dan kesadaran bersama baru akan terlihat dalam 3-4 tahun.

Acara workshop ini kemudian akan ditindaklanjuti dengan wrap up meeting di Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional di Jakarta pada 23 September 2011, untuk mengidentifikasi potensi kerjasama lainnya di bidang energi baru dan terbarukan.

(Siti Mariani)

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.