DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Proyek LNG Donggi-Senoro

21 Maret 2011 Berita
Mitsubishi Corp, perusahaan terbesar di Jepang dalam siaran persnya menyampaikan bahwa telah mengeluarkan final investment decision (FID) pada proyek LNG Donggi-Senoro di Sulawesi, Indonesia. Proyek tersebut bergerak dalam pembangunan konstruksi dan pengoperasian fasilitas produksi LNG dilakukan oleh PT. Donggi-Senoro LNG (PT. DSLNG), yang sahamnya 51% dimiliki oleh Mitsubishi Corp dengan total biaya investasi sebesar US$2,8 miliar.
 
Indonesia memiliki cadangan gas alam terbesar di Asia Tenggara dan merupakan eksportir LNG terbesar ketiga didunia. Proyek DSLNG merupakan proyek LNG ke empat bagi Indonesia dan yang ke dua bagi Mitsubishi Corp setelah proyek tangguh. PT DSLNG sendiri pada awal tahun 2014 mentargetkan untuk menghasilkan dan mendistribusikan 2 juta ton LNG per tahun.
 
Didirikan pada bulan Desember 2007, PT DSLNG adalah perusahaan patungan antara Mitsubishi, Pertamina Energy Services (PES), dan Medco LNG Indonesia (MLI). PES merupakan anak perusahaan dari PT. Pertamina (Persero), dan MLI merupakan anak perusahaan dari Medco Internasional yang merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas swasta terbesar. PT.DSLNG telah menandatangani Heads of Agreement (HoA) untuk perjanjian jual beli LNG dengan Chubu Electric Power Co dan Kyushu Electric Power Co.
 
Keterlibatan Mitsubishi Corp akan sangat berbeda dari perannya dalam proyek-proyek LNG lainnya di mana MC hanya sebagai mitra minoritas. Sejak awal MC telah mengkoordinasikan pengembangan proyek, dan ini akan menjadi yang pertama kali bagi sebuah perusahaan Jepang memimpin dalam perencanaan dan operasional LNG. Proyek DSLNG lebih lanjut diharapkan dapat berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat di Indonesia. (AR, Sumber: Mitsubishi Corp)
 
 
 
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.