DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Negara Asia-Pasifik Berinisiatif Menaikan Harga BBM

24 Maret 2011 Berita
Harga minyak dunia yang terus melambung tinggi membuat 9 Negara di kawasan Asia-Pasifik mau tidak mau harus menaikkan harga jual BBM di masing-masing negara, sedangkan Indonesia masih bertahan menerapkan harga BBM sebesar Rp 4500/lite.
 
Negara-negara yang menaikkan harga BBM tersebut adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, China, Jepang, India, Korea Selatan, dan Australia. Masing-masing negara memiliki kenaikan yang bervariasi, dan kenaikan tertinggi terjadi di Filipina yaitu sebesar 11%. Singapura menerapkan harga solar tertinggi dibanding dengan ke-9 negara lainnya, dengan kenaikan mencapai 16%.
 
Menaikkan harga BBM memang kebijakan yang tidak populis, namun harga minyak yang terus melambung tinggi memerlukan keberanian pemerintah untuk memberlakukan harga yang realistis agar negara tidak terus terbebani karena terus mengalami defisit seperti halnya yang terjadi di Indonesi.
 
Menteri Keuangan, Agus Martowardojo dalam suatu kesempatan mengatakan, “kamisebenarnya berharap  kebijakan  merubah harga jual dapat  diberlakukan  sejak  1 Januari 2011, tetapi ditunda hingga akhir Maret, namun jika masih akan ditunda, kenaikan subsidi akan bertambah sebesar Rp 3 triliun-Rp 6 triliun dengan asumsi konsumsi BBM bersubsidi akan melonjak pada kisaran 41-42 juta kiloliter dari asumsi 28,6 juta kiloliter.”
 
Penyesuaian pada harga BBM memang masih menjadi pertentangan di masyarakat, namun haruskah Pemerintah menerapkan harga yang sama dengan kondisi harga minyak yang tidak bersahabat, dengan terus mengerogoti APBN yang seyogyanya APBN tersebut dapat digunakan untuk pembangunan demi kepentingan rakyat.(AR)
Bagikan berita ini


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.