DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pembinaan Penyusunan RUED Provinsi Regional Kalimantan

15 Mei 2018 Berita
Pembinaan penyusunan RUED Provinsi menjadi bagian tanggung jawab DEN bersama Kementerian ESDM sebagaimana diamanatkan Perpres 22 Tahun 2017 tentang RUEN. Selama dua tahun berjalan ini, DEN dan Kementerian ESDM telah melakukan sosialisasi kebijakan, bantuan kediklatan dan teknis permodelan perencanaan energi daerah kepada aparat daerah agar Pemerintah Daerah Provinsi dapat optimal menyusun RUED Provinsi sebagaimana yang menjadi tanggungjawabnya.
 
Intensifikasi pembinaan penyusunan RUED Provinsi dilakukan antara lain melalui penyelenggaraan workshop RUED Provinsi regional Kalimantan di Balikpapan (15/5) yang dibuka oleh Sekjen DEN Dr. Saleh Abdurrahman. Sekjen DEN mengharapkan RUED Provinsi mampu menerjemahkan RUEN yang disusun berdasarkan KEN, untuk mendorong pemanfaatan potensi sumber daya secara optimal dan potensi energi setempat melalui kearifan lokal untuk meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi daerah.
 
Sistem pemantauan perkembangan RUED Provinsi terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap pengumpulan data, permodelan, matrik program dan narasi, serta terakhir tahap penyusunan Perda. Dalam workshop regional Kalimantan kali ini, telah teridentifikasi bahwa status RUED Provinsi Kalimantan Barat sudah menyelesaikan permodelan dan sedang menyelesaikan matrik program. Sedangkan penyusunan RUED Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara lebih maju lagi, yaitu sudah menyelesaikan matrik program dan sedang dalam proses pembuatan narasi. Informasi terakhir perkembangan RUED Provinsi Kalimantan Tengah sudah masuk tahap penyusunan Rancangan Perda, namun masih perlu dikomunikasikan lebih lanjut mengingat wakil daerah tersebut tidak hadir dalam pertemuan workshop RUED regional Kalimantan. 
 
Permasalahan penyusunan RUED Provinsi antara lain masih tersebarnya data perencanaan energi daerah, belum tersedianya data yang akurat terkait potensi energi di masing-masing provinsi, dan belum adanya bank data terkait energi daerah. Untuk itu, Pemerintah Daerah Provinsi akan terus meningkatkan koordinasi lintas sektor dengan pihak-pihak terkait di daerah guna menyelesaikan dokumen RUED Provinsi. Dokumen RUED Provinsi ini ditargetkan akan selesai pada bulan Juni 2018.
 
Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Setjen DEN, Kementerian ESDM, serta Dinas ESDM dan Bappeda Provinsi Kalbar, Kaltim, Kalsel dan Kaltara. (Teks:AM/foto:AM)
Bagikan berita ini


© 2016 - 2018 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.