DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

DEN Dorong Percepatan Pemanfaatan Bioetanol

31 Juli 2018 Berita

DEN mendorong percepatan pemanfaatan bioetanol dengan pembahasan pada Rapat Koordinasi AUP DEN di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (31/7). Rapat tersebut merupakan tindak lanjut Rapat Koordinasi AUP sebelumnya yang diselenggarakan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Ketersediaan Lahan dan Skema Pembiayaan Pengembangan Bioenergi pada bulan April 2018.

Beberapa permasalahan yang dibahas antara lain, Asosiasi Ethanol Indonesia (ASENDO) menyampaikan tingginya harga bahan baku tetes tebu menyebabkan harga jual etanol juga tinggi dan mengakibatkan beberapa industri etanol berhenti beroperasi. Selain itu, tingginya tarif bea masuk etanol menyebabkan perusahaan membeli bahan baku dengan harga tinggi sehingga perusahaan menjadi kurang kompetitif.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekjen DEN Saleh Abdurrahman, Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Penguatan Struktur Industri Soerjono, dan dihadiri oleh perwakilan Kementerian ESDM, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pertamina.
(Teks: TR/ Foto: MB).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2018 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.