DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Membangun Negeri Bersama Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral

01 November 2018 Berita
Energi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional berkelanjutan. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam pengelolaan energi telah melakukan program-program strategis di sektor ESDM. Pada kesempatan ini, Sekretariat Jenderal DEN, KESDM menyelenggarakan Sosialisasi Capaian Pengelolaan Sektor ESDM di Lombok dalam rangka menyampaikan program strategis dan capaian sektor ESDM dan berkomunikasi kepada Pemerintah Daerah, masyarakat, stakeholder terkait, akademisi, dan lain-lain sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat akan pemenuhan kebutuhan energi secara nasional (01/11). Dibuka oleh Sekretaris Jenderal DEN, dihadiri oleh Kaban Litbang KESDM, Kepala BPSDM KESDM, Pemda Kabupaten Lombok, Dinas OPD Kabupaten Lombok, perwakilan Badan Usaha, perwakilan Kementerian/Lembaga, akademisi. 
 
Informasi yang disampaikan oleh narasumber antara lain yaitu sektor ESDM menyumbang separuh Penerimaan Negara Bukan Pajak  (PNBP) ditengah tantangan investasi global. Disamping itu, harga BBM dan listrik tetap terjangkau oleh masyarakat saat harga energi global tinggi, hal ini sebagai upaya untuk melindungi daya beli masyarakat dan daya saing industri. Subsidi energi makin tepat sasaran, dialihkan untuk belanja yang lebih produktif. Pada sektor ketenagalistrikan, capaian rasio elektrifikasi mencapai angka 98,05% secara nasional dan pengembangan energi terbarukan setempat terus dilakukan untuk dapat melistriki hingga ke pelosok tanah air. Dalam hal perkembangan pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (B20), Pemerintah mendorong peningkatan biodiesel untuk mengurangi impor BBM dan menghemat devisa impor. 
 
Pada pemaparan lain, Kaban Litbang menyampaikan tentang BLU Litbang KESDM dalam rangka peningkatan pelayanan sektor ESDM dan Kepala BP SDM ESDM menyampaikan terkait BLU PSDM KESDM dalam rangka peningkatan pelayanan sektor ESDM.
 
Selain penyampaian capaian sektor ESDM, dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Pusat dalam pengembangan EBT, Dinas ESDM Prov NTB melaksanakan program pembangunan pembangkit EBT off grid salah satunya PLTMH sebesar 1,14 MW. (Teks: KD, Foto: AM)
Bagikan berita ini


© 2016 - 2018 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.