DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Rancangan RUED Maluku: Pembahasan Dokumen Akhir

06 November 2018 Berita
Rancangan RUED Maluku saat ini sampai pada tahap pembahsan dokumen akhir, walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Hal itu terungkap dalam kegiatan pembinaan penyusunan RUED Maluku di Kantor Dinas ESDM Maluku (6/11) yang dihadiri oleh Setjen DEN dan Dinas ESDM Maluku.
 
Beberapa hal yang perlu diperbaiki antara lain bauran energi primer dan matriks kegiatan dengan berdasarkan pada konsep kepulauan. Untuk mepercepat penyusunan RUED, Setjen DEN bersama dengan Kementerian ESDM melakukan pembinaan dan penyusunan RUED kepada 34 Provinsi. Beberapa Provinsi sudah sampai pada tahap akhir dalam penyusunan RUED menuju Perda. "Jabar, Jateng, DKI Jakarta dan Kaltara diharapkan tahun ini bisa selesai menjadi Perda," papar Walujanto Kepala Bagian Fasilitasi Rencana Umum Energi Setjen DEN.
 
RUED adalah kebijakan Pemerintah Provinsi mengenai rencana pengelolaan energi tingkat provinsi yang menjadi penjabaran dan rencana 
pelaksanaan RUEN yang bersifat lintas sektor untuk mencapai sasaran RUEN. Dalam penyusunan RUED diupayakan untuk memanfatkan potensi energi lokal. Dengan adanya RUED, Pemerintah Provinsi diharapkan dapat mengelola sektor energi menuju kemandirian energi daerah masing-masing.
 (Teks: TR/Foto: AM).
Bagikan berita ini


© 2016 - 2018 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.